11 views

Mengintip Aktifitas Mahasiswa Asal India yang Belajar Budaya Lampung di Darmajaya

Sore itu Sajidur Rahman, mahasiswa asal India yang akrab disapa Sajid ini tengah duduk santai memainkan gitar sambil berbincang-bincang dengan para mahasiswa di taman kampus Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya.

HARIANFOKUS.COM– Selama hampir satu bulan sejak 17 September 2015, mahasiswa Birla Institute of Technology and Science, Pilani, India ini menjalankan international internship programe atau program magang internasional di IBI Darmajaya.

Banyak aktifitas yang telah ia lakukan, salah satunya mempelajari kebudayaan Lampung. Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) IBI Darmajaya memfasilitasi dengan menghadirkan pelatih khusus dari salah satu sanggar budaya di sai bumi ruwa jurai.

Seminggu sekali, Sajid belajar tarian khas Lampung yakni tari Bedana di China Corner kampus setempat. “Saya sangat tertarik untuk mengenal kebudayaan Lampung, meski awalnya merasa kesulitan untuk mempelajarinya,” kata Sajid, kemarin.

Selain mempelajari pengelolaan KUHI, ia juga melakukan penelitian tentang analisa pembangunan database kerjasama internasional IBI Darmajaya dengan dosen pembimbing, Dr. Suhendro Yusuf Irianto dan Apri Triansah.

Melalui penelitian tersebut, Sajid menyampaikan IBI Darmajaya yang telah memiliki basis data yang sangat baik dan terstrukur dalam mengelola data program internasional serta menyiapkan implementasinya. “IBI Darmajaya merupakan perguruan tinggi yang tidak hanya fokus menjaga mutu dan kualitas di bidang akademik saja, tetapi juga memiliki banyak kegiatan kemahasiswaan dan program internasional yang sangat bermanfaat bagi para mahasiswa,” ungkap mahasiswa yang didaulat menjadi penulis tamu dalam majalah dinding dan newsletter International Office itu.

Tak hanya melakukan aktifitas di kampus IBI Darmajaya, Sajid juga akan mengujungi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bandar Lampung untuk mensosialisasikan internasionalisasi serta melakukan pertukaran budaya. Sementara beberapa tempat pariwisata Lampung yang sempat ia kunjungi yakni Taman Kupu-Kupu, Penangkaran Rusa, dan Pantai Ringgung.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) Darmajaya, Rahmalia Syahputri mewakili Rektor IBI Darmajaya Dr. Andi Desfiandi mengatakan international internship merupakan salah satu program yang telah dicanangkan oleh KUHI dan didukung oleh Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dengan pemberian hibah Program Bantuan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (PKKUI) 2015.

“Magang internasional ini bertujuan untuk membawa nuansa internasional di kampus,” paparnya.(lis)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *