Rycko dan Zainudin Saling Timpa Uang sampai Bawa Badik

HARIANFOKUS.COM- Perseteruan pasangan Zainudin Hasan-Nanang Ermanto dengan Rycko Menoza-Eki Setyanto kian memanas.  Selain saling menebar sindiran untuk menyerang lawan ketika kampanye, saling timpa uang di tempat dan pada warga yang sama, sampai merambah intimidasi mulai dilakukan.

Hal itu mengemuka dalam kampanye dialogis pasangan calon Zainudin Hasan-Nanang di Dusun Merak Batin, Natar, Senin (9/11) malam lalu. Sejumlah orang membubarkan paksa kerumunan pendukung Zainudin sembari mengacung-acungkan badik.  “Seorang pemuda merampas mic, persis ketika Pak Zainudin baru tiba dan sedang menyalami warga. Ada 20an pemuda meneriakkan bubar, bubar seraya menyebutkan, ‘ini kampung kami, kami pendukung Eki,” kata LO Pasangan Zainudin-Nanang, Agus Bakti Nugroho, Selasa (10/11).

Agus Bhakti Nugroho mengatakan, diancam semacam itu, warga tidak pergi. Polisi bergerak cepat dan berhasil menghalau para pemuda yang diduga warga sekitar.

Namun menurut Agus, para pengacau tersebut tidak benar-benar pergi melainkan menunggu di luar pintu masuk lokasi kampanye. “Saat kami keluar pulang, mereka meneriaki kami, sambil mengucapkan yel-yel, dua, dua, untuk mencegah rusuh kami tidak menghiraukannya dan langsung meninggalkan tempat.”

Beruntung saat kejadian tersebut, salah seorang tim Zainudin berhasil mengabadikan gambar beberapa pemuda yang berusaha mengacaukan kampanye tersebut.  Diantaranya, foto pertama memperlihatkan seorang pemuda tanggung mengacungkan tangan sambil memegang mic rampasan.

Kemudian digambar kedua, seorang pemuda mengangkat tangan mengacungkan dua jari sambil berteriak memerintahkan warga yang sudah memadati lapangan untuk pergi dari lokasi.

Dari beberapa foto yang berhasil diambil tersebut, tim pemenangan ZaiN menduga pelaku merupakan simpatisan pasangan nomor urut 2, yang tidak menginginkan kampanye dialogis ZaiN berjalan dengan mulus di Natar yang merupakan basis pendukung Eki Setyanto.

Tim pemenangan ZaiN menyatakan telah melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Natar dengan nomor laporan, TBL/B-1274/XI/2015/Reslamsel/seknatar. Tanggal 9 November 2015 dan Panwaslu Lampung Selatan.

Selain itu, Tim ZaiN juga mengaku akan mencari tahu siapa pelaku dan dalang dibalik usaha menciderai demokarasi tersebut.

Sementara itu, sebelumnya saling timpa dan bagi-bagi uang antar-kedua pasang calon juga terjadi di Dusun Negara Ratu, Desa Merak Batin, Kecamatan Natar.

Beberapa warga yang diwawancarai harianfokus.com justru mengaku bersyukur. Pasalnya, setelah Senin (02/11) lalu, calon bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan membagi uang Rp.20 ribu, sehari kemudian, Cawabup Eki Setyanto, pada Selasa (03/11) membagi-bagian uang Rp.25 ribu ke warga yang sama. Teknis kampanye bagi-bagi uang pun dilakukan dengan cara yang nyaris serupa, mengumpulkan warga di lapangan Dusun Negara Ratu.

“Alhamdulillah, kami habis dikasih Pak Zainudin, sekarang dikasih lagi Pak Eki,” tutur Kasiem, warga Dusun Negara Ratu, Desa Merak Batin, Natar, Rabu (4/11) lalu.

Dia menjelaskan, hari sebelumnya dikumpulkan di tengah lapangan dan diberi uang transport Rp.20 ribu oleh Zainudin Hasan. Sehari setelahnya, Eki Setyanto langsung turun membagi-bagikan uang di tempat yang sama. “Dilebihi Rp.5 ribu,” kata dia seraya tersenyum dan enggan menjelaskan siapa yang bakal dipili.

“Rahasia lah, lihat nanti,” ucap dia seraya tertawa.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Lamsel Sahbudin Usman mengatakan, pihaknya hanya menerima beberapa laporan atas perseteruan itu.  “Sejauh ini kami belum dapat menyimpulkan apakah tindak pidana umum, apa ada unsur pelanggaran pemilu, dalam waktu dekat kami akan memangil baik pihak pelapor maupun pihak terlapor dan para saksi,” kata Sahbudin ketika dihubugi melalui telepon selulernya, Selasa (10/11).

Dia juga menambahkan, pihaknya telah memerintahkan Panwascam Natar untuk lebih teliti dan melihat apakah ada atribut dari KPU yang dirusak serta apa ada pemukulan. “Kalau ada atribut buatan KPU yang dirusak berarti ada pelanggaran pemilu, yang jelas kami masih mempelajari laporan ini,” tambahnya. (FIRMAN)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *