14 views

Menteri Pertanian Temukan Sisi Lain dari Jabung

HARIANFOKUS.COM- Apa yang terbersit jika disebut nama Kecamatan Jabung?  Apakah ini atau ini? Akan tetapi, inilah fakta yang ada. Sehingga, semua masyarakat harus bahu membahu menghapus stigma negatif tentang Jabung.

Hal ini terkuak ketika Menteri Pertanian Amran Sulaiman, ketika mengunjungi Desa Tanjung Sari, Kecamatan Jabung, Lampung Timur. Amran bertemu dengan seorang petani, berusia 90 tahun dan masih sehat. Tubuhnya terlihat kial, tutur bahasanya masih tegas. Bahkan, Rabas, nama sang kakek terlihat akrab ketika berdialog dengan Menteri Pertanian.

Rabas mendekati Menteri Pertanian bersamaan dengan petani lain yang berebut untuk bersalaman. Amran menyapa Rabas dengan menanyakan kabar yang dijawab dengan tangkas oleh Rabas.  “Apa kabar, pak? Usia berapa?” kata Amran ketika bersalaman usai acara panen raya di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Jabung, Rabu (11/11/2015).

“Sehat Pak, saya kelahiran 1925,” jawab Rabas.

Rabas, terlihat sangat sehat untuk kakek yang berusia nyaris satu abad. Mengenakan batik cokelat lengan panjang dan celana kain hitam, berpeci hitam Rabas menceritakan sekarang ini sudah sangat maju dibanding puluhan tahun lalu ketika ia baru ikut program transmigrasi.

Rabas adalah pendatang dari Jawa Tengah, bersama puluhan petani lain, Kecamatan Jabung sebenarnya banyak punya petani ulet dan tabah semacam Rabas. Beberapa di antaranya, dari pendatang yang masuk Jabung di tahun 70-an, anak cucunya banyak yang menempuh pendidikan tinggi di Yogyakarta. (bersambung)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *