0 views

KPU Pesawaran Temukan 1.138 Surat Suara Rusak

FOKUS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran menemukan 1.138 surat suara rusak. Surat suara tersebut diketahui rusak saat petugas melakukan pelipatan surat suara di gudang lositik Desa Bagelan, Gedongtataan, Pesawaran. Anggota KPU Pesawaran, Aan Saputra, mengatakan petugas pelipatan surat suara sudah bekerja selama tiga hari dan mereka menemukan 1.138 surat suara yang rusak.

“Pada dua hari pertama, petugas menemukan 528 surat suara yang rusak. Jumlah tersebut meningkat pada ketiga menjadi lebih dari 1.000 surat suara,” kata Aan, kemarin.

Dia menjelaskan, petugasnya akan melakukan rekapitulasi ulang untuk memastikan jumlah surat suara yang rusak. Kepastian surat suara yang rusak ini penting agar pihaknya bisa meminta percetakan untuk menggantinya.

“Sesuai MoU kita dengan pihak percetakan, maka mereka yang akan menggantinya jika ada surat suara yang rusak,” ungkapnya.

Pelipatan surat suara ditargetkan selesai dalam lima hari. KPU merekrut sebanyak 104 petugas pelipatan kertas suara yang merupakan warga disekitar Kecamatan Gedungtataan.

KPU melibatkan pihak ketiga untuk mencetak 339.175 surat suara. Jumlah ini sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *