0 views

Harta Tobroni Naik 2,8 M Layak Dicurigai

Mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 68/2011, gaji pokok kepala daerah atau bupati dan walikota, hanya 2,1 juta. Sementara untuk wakil, hanya punya gaji pokok 1,8 juta. Ditambah tunjangan, maksimal untuk walikota 5,88 juta. Wakil, maksimal hanya dapat gaji 5,04 juta.

DENGAN gaji pokok plus tunjangan yang hanya 5,04 juta tersebut. Harta Tobroni Harun yang sejak jadi Wakil Walikota lima tahun lalu meningkat atau bertambah sekitar 2,8 miliar. Layak dicurigai. Pasalnya, jika gaji plus tunjangan itu ditabung semua, maksimal hanya terkumpul penambahan kekayaan Rp.324.000.000.

Itulah indikasi nikmatnya jadi pejabat, selain bisa meningkat drastis kekayaannya, juga punya banyak akses untuk semakin menambah harta. Bertambahnya harta kekayaan mantan Wakil Walikota Tobroni Harun yang kini maju sebagai calon walikota, diungkapkan anggota KPU Bandarlampung, Fery Triatmojo dalam konfrensi pers di Rumah Kayu, kemarin.

Menurut Fery Triatmojo, pada LHKPN yang dilaporkan per Juli 2015 jumlah harta Tobroni mencapai Rp 7,2 miliar. “Hartanya naik sekitar sekitar 2,8 miliar,” kata dia, Senin (23/11).

Sebelum menjadi Wakil Walikota, Tobroni Harun menurut Fery berdasar LHKPN pada Februari 2010 hanya 4,4 miliar.

Fery mengelak untuk menjelaskan lebih detil terkait darimana sumber kekayaan yang membuat naiknya harta Tobroni Harun. “Ya misalnya ada kenaikan harga tanah, 4 lokasi berbeda, sekitar Rp 50-55 juta,” kata dia.

Artinya, jika hanya berbasis hitungan itu, baru sekitar 500an juta.

Di sisi lain, Tobroni Harun yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bandarlampung itu memang disinyilair sebagai pemilik perusahaan rekanan pada beberapa proyek yang bersumber dari APBD Kota selama dirinya menjabat wakil walikota.

Sayangnya, dia mengelak memberikan keterangan ketika hendak dikonfirmasi wartawan Fokus melalui ponselnya.

Ketua DPD PAN Kota Bandarlampung itu, memilih menjadi lawan politik Herman HN yang jadi pasangannya pada Pilwakot 2010 lalu.

Berbeda dengan harta Tobroni Harun yang bertambah 2,8 miliar. Harta Herman HN justru berkurang sekitar 560 juta. (*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *