12 views

Akibat Flyover, Bandarlampung Menuju Kota Gagal

FOKUS- Bandarlampung, mengalami perubahan dengan sangat cepat menuju kota metropolis. Sayangnya, tidak didukung kesiapan tata kota dan pengaturan ruang yang berkesinambungan. Selain terjebak pada program jangka pendek, pembangunan transportasi publik juga tidak tertata dengan baik. Problem kemacetan misalnya, hingga saat ini masih menjadi ancaman gagalnya sebuah kota maju.

Menurut pakar transportasi, Prof Ofyar Z. Tamin, pembanguan flyover di Bandarlampung yang jadi proyek mercusuar juga menjadi penanda kegagalan kota. sebab, jalan layang bukan solusi komprehenshif mengurai kemacetan. “Memang bisa untuk memecah penumpukkan kendaraan, namun flyover itu bukan solusi yang komprehenshif,” kata Rektor Institute Tekhnologi Sumatera (Itera) itu pada Fokus, Selasa (24/11).

Menurut dia, tata kota dan jalan-jalan di Bandarlampung banyak memiliki persimpangan. Padahal, jelas Ofyar, rambu-rambu atau lampu lalu lintas itu menjadi salah satu penyebab kemacetan. “Salah satu kelemahan di jalan raya itu adalah persimpangan, dimana pada suatu persimpangan pengguna harus bergantian dan itu menimbulkan kemacetan,” kata dia.

Disarankan Rektor Itera ini, jika mau memperbaiki secara keseluruhan maka harus memperbaiki sarana angkutan umum, sehingga orang berpindah dari angkutan pribadi ke kendaraan umum.

“Sementara itu, di Bandarlampung sendiri angkutan umum banyak yang tidak laik pakai,” kata dia.

Seharusnya, kata dia, yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah membuat program jangka panjang. Yakni, memperbaiki transportasi publik. “Kalau flyOver itukan hanya program jangka pendek saja,” tandasnya.

Dalam teori transportasi, jelas dia, masalah kota yang rawan macet harus cepat diselesaikan dengan pengadaan transportasi publik. Selain itu, trayek angkutan juga harus menjangkau semua daerah.

Dia mencontohkan, Kota Bandung yang baru 30 persen menerapkan tranportasi publik, sudah terbukti mampu mengurai kemacetan. (adi/dre)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *