46 views

Lulus Kuliah Jangan Hanya Menjadi Akademisi

JAKARTA – Saat ini mahasiswa memang sedang digenjot untuk bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaannya. Karena itu, tidak heran bila banyak perguruan tinggi mendorong mahasiswanya untuk berpikir kreatif agar bisa menjadi wirausaha usai lulus kuliah. Sehingga saat lulus, mereka tidak hanya menjadi seorang akademisi namun juga menjadi seorang wirausaha.

Perguruan tinggi sendiri memliki peran yang besar untuk bisa menciptakan wirausaha. Dengan begitu, perguruan tinggi perlu memberikan dukungan agar kreatif, imajinatif, serta berani mengambil risiko. Semakin tinggi jenjang pendidikan yang dimilikinya, semakin rendah pula kemandirian serta semangatnya dalam membangun kewirausahaan.

“Nah, dari sinilah PT memiliki peran penting untuk mendorong dan meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia. Jadi, lulusan PT itu harus disiapkan menjadi job creator bukan job seeker,” ungkap Koordinator KOPERTIS Wilayah V, Dr Ir Bambang Supriyadi, CES, DEA, mengutip dari laman resmi UMY, Senin (30/11).

Bambang berpesan agar jangan pernah takut untuk mencoba apalagi kalah dengan mereka yang berhasil membuat lapangan pekerjaan walaupun jenjang pendidikan mereka tidak sampai menginjak ke bangku perkuliahan.

“Untuk menciptakan itu semua PT perlu memberikan mata kuliah tentang kewirausahaan, namun materi yang diberikan bukan sebatas teori tapi juga praktiknya juga,” ujarnya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Profesor Bambang Cipto, M.A, menyatakan bila lulus dari bangku kulah jangan hanya menjadi job seeker. Tapi, jadilah job creator yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

“Jadi, kalian sebagai mahasiswa harus lebih kreatif dan jangan kalah dengan gengsi,“ paparnya. (Oz)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *