Senior Diwisuda, PMII Gelar Arak-arakan

FOKUS-Arak-arakan dan sambutan kepada senior yang diwisuda rupanya sudah membudaya dikalangan mahasiswa, namun uniknya arak-arakan kali ini berbeda dengan arak-arakan biasa, pasalnya penyambutan dan arak-arakan yang dilakukan Komisariat PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Komisariat IAIN Raden intan lampung ini menggunakan marawis atau rebanaan.

Dikatakan Yogi Saputra PJ,Ketua Komisariat PMII IAIN Raden Intan Lampung, bahwa arak-arakan yang digelar PMII Senin (30/11) ditujukan untuk menyambut seniornya yang wisuda.

Hal itu juga bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan diantara mereka sekaligus sebagai ajang adu gengsi dengan organisasi lain dikampusnya, terutama organisasi eksternal.

“Penyambutan dan arak-arakan kita ini sudah menjadi tradisi tersendiri ketika diadakan wisuda, selain itu, acara ini juga merupakan ajang adu gengsi terhadap organisasi lain yang ada disini,” tukasnya.

Lebih lanjut mahasiswa fakultas Syariah ini menjelaskan, bahwa setelah diadakan penyambutan di depan GSG (Gedung Serba Guna,Red), akan ada acara lanjutan, yakni makan-makan yang diadakan di sekretariat mereka.

“Setelah penyambutan disini, kita akan arak senior kita yang diwisuda ke Sekretariat, ya biasalah kalau ada moment bahagia seperti ini pasti ada acara makan-makannya,” kata dia.

Ditempat yang sama,Wakil Ketua PMII Komisariat Raden Intan,Sarahan menjelaskan, penyambutan yang dilakukan pihaknya memang berbeda dengan penyambutan yang lain, karena mengandung nilai-nilai islami, yakni dengan menggunakan gambus alias marawis, serta disertai dengan lantunan salawat.

“Kita adalah organisasi dengan basic dasar Islam, sehingga kebudayaan Islam yang kita pakai, marawis itu ditabuh nantinya untuk mengiringi Shalawat yang dilantunkan,” imbuhnya.

Senada disampaikan Aliya, mahasiswa fakultas tarbiyah ini menggambarkan arah arak-arakan nanti, yakni kader-kader PMII yang di Wisuda hari ini nantinya akan di arak hingga ke depan Perpus pusat yang lokasinya tidak jauh dari Aula GSG.

“Acara ini untuk menyambut kader-kader PMII yang diwisuda, dan nanti setelah disambut disini mereka akan kita arak sampai didepan Perpustakaan pusat,” tandasnya. (Adi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *