Ombudsman Lampung Gelar Lokakarya

*Pelatihan SP4N LAPOR

 

BANDARLAMPUNG-Kantor Staff Presiden bekerjasama dengan Ombudsman Perwakilan Provinsi Lampung menggelar lokakarya dan pelatihan Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR!, Selasa (1/12) siang di Ruang Sungkai Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung.

Pelatihan ditujukan bagi aparat SKPD/Instansi di tingkat Pemerintah Provinsi Lampung yang melaksanakan pelayanan publik.

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) merupakan sistem pengaduan yang langsung terkoneksi kepada Presiden dan jajaran kementrian. Dengan sistem ini, masyarakat bisa langsung menggunakan aplikasi ini jika ingin mengeluhkan terkait pelayanan publik. Laporan yang masuk akan langsung diterima oleh Kantor Staf Presiden dan kemudian didistribusikan ke masing-masing kementerian dan pemerintah daerah. Jika laporan tersebut tidak ditindaklanjuti maka Ombudsman RI selaku Pengawas Eksternal akan bisa langsung menindaklanjutinya.

Menurut Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Lampung Sdr. Ahmad Saleh David Faranto, pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran terkini mengenai upaya pengembangan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) sebagai mekanisme pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik di tingkat nasional.

Sebagai aplikasi baru, pemerintah melalui Kantor Staf Presiden dan Ombudsman merasa perlu menyosialisasikan kepada masyarakat. Menurut Hamartoni Ahadis, Asisten 4 Pemerintah Provinsi Lampung yang mewakili Gubernur Lampung, dengan adanya pelatihan ini, penyelenggara pelayanan publik diharapkan sudah mampu melakukan pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

“Kita berharap dengan sistem ini memudahkan akses masyarakat melakukan pengawasan secara langsung, sehingga pelayanan publik yang diterima masyarakat akan semakin berkualitas.” Papar Atika Mutiara, asisten Ombudsman RI Perwakilan Lampung dalam rilisnya , Senin (1/12).

Kegiatan lokakarya dan pelatihan tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli dari Kantor Staf Presiden yaitu Sdri. Okky Oktaviani, dalam hal ini Sdri. Okky Oktaviani sebagai fasilitator dalam Bimbingan Teknis aplikasi LAPOR! (Ayn)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *