30 views

Berantas Calo dengan Peluncuran SIM Online

Peluncuran Surat Izin Mengemudi (SIM) sistem online dan perpanjangan lewat mobil keliling, ditargetkan mampu memberantas calo-calo pembuatan dan perpanjangan SIM. Calo yang sering beroperasi di Polresta Bandarlampung itu disinyalir menghambat kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

SEBAGAI bentuk keseriusan Polda Lampung memberantas calo SIM, Kapolda Brigjen Pol. Edward Syah Pernong meresmikan peluncuran perpanjangan SIM Online di Tugu Adipura, Bandarlampung, Minggu (6/12).

Edward Syah Pernong mengatakan, ini merupakan langkah kreatif polisi lalu lintas (polantas) dalam melayani masyarakat.  “Ini contoh nyata, warga Maluku yang masa berlaku SIM-nya sudah habis, untuk memperpanjang masa berlaku SIM bisa dilayani di sini,” kata dia diwawancarai Fokus, kemarin.

Perpanjangan SIM Online ini, bisa langsung dirasakan oleh masyarakat tidak hanya di Lampung saja, namun bisa dirasakan masyarakat di seluruh Indonesia. Ini merupakan bukti bahwa  Polantas bisa memecahkan masalah dalam hal perpanjangan SIM, selain mempercepat prosesnya, aman dan nyaman serta yang pasti bebas calo.  “Warga bisa cepat dan terhindar dari percaloan yang memanfaat kesulitan masyarakat saat mengurus perpanjangan SIM,”  ujar dia.

Selain itu, kreativitas yang dinamis dalam penguasaan tekhnologi yang berkembang,  betul-betul bisa dirasakan, bernila guna dan berhasil guna dalam pelayanan. “Mengenai biaya tetap akan sama seperti mengurus perpanjangan biasa, hanya lebih mudah dan cepat,”ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Lalulintas Polda Lampung, AKBP. Prahoro mengatakan, ini merupakan produk baru dari Polantas dalam hal meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Untuk itu, diperlukan penambahan server dan jaringan. “Perlu diketahui perpanjangan SIM secara online, tersentral di Korlantas Mabes Polri, untuk perwakilan terdapat di 45 Provinsi, termasuk di Lampung, ada di Polresta Bandarlampung,” katanya. (apb/dre)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *