0 views

Rakata “Ogah” Tentukan Pemenang Pilkada Pesbar

FOKUS- Rakata Institue enggan menyebutkan pasangan calon yang menang di pemilihan kepala daerah (pilkada) Pesisir Barat. Pasalnya, berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) yang dilakukan didaerah otonomi baru itu dari empat paslon, dua diantara memperoleh suara relative imbang.

Kedua paslon yang dimaksud yakni, paslon Agus Istiqlal-Erlina memperoleh suara 30,80% dan Aria Lukita-Efan Tolani 30,58%. Sedangkan, paslon Oking Ganda Miharja-Topani hanya 22,83% dan disusul Jamal-Sahrial 15,79%.

Menurut Direktur Rakata Institue, Eko Kuswanto, pihaknya tidak bisa mengumumkan siapa pemenang Pilkada Pesibar karena perolehan suara dua paslon hamper sama. Sedangkan, margin of error quick count hanya tiga persen.

“Di Pesisir Barat itu baru pertama kalinya diadakan pilkada. Dan kami belum bisa menentukan siapa pemenangnya. Karena, pasangan Agus-Erlin dan Aria-Efan hanya selisih sedikit, kami hanya bisa memprediksi kemenangan jika selisihnya minimal tiga persen sesuai margin of errori kami,” kata dia, Rabu (9/12).

Dia menghimbau agar semua pihak menunggu real count yang akan dilakukan oleh KPU setempat.

“Jadi kita tunggu saja real countnya di KPU,” unjarnya.

Menurut Eko, kasus di Pesibar nyaris sama dengan kasus Pilkada Prengsewu pada pilkada 2011 lalu.

“Ya pada akhirnya kita serahkan kepada KPU,” tandasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *