29 views

SMP IT Darul Ilmi Utamakan Pendidikan Karakter

FOKUS- SMPIT Darul Ilmi mengutamakan pendidikan karakter yang bertujuan untuk mewujudkan visi sekolah menjadi lulusan yang taqwa,cerdas,berprestasi dan berakhlak mulia.

“Pendidikan karakter yang sangat kita tekankan, yakni supaya dapat mewujudkan visi sekolah kita,” kata Andri Prasetyo,S.P,Kepala SMP IT Darul Ilmi.

Sementara itu, Afni,S.Pd,Wakil Kepala Sekolah SMPIT Darul Ilmi, mengatakan dalam memberikan pelajaran dan kegiatan –kegiatan siswa terkadang di masjid . karena rumah Allah itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sekolahnya .

“Siswa kita selalu kita upayakan untuk akrab dengan masjid dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan,”jelasnya.

Masih kata dia, selain itu kegiatan siswa di lapangan bola, di bawah pohon dan lain-lain, hal tersebut agar mereka tidak merasa bosan dan terbiasa dengan suasana yang baru.

“Kita belajar tidak selalu dalam kelas, bisa di masjid,lapangan bola,di bawah pohon, bahkan pernah juga belajar di mall,”tandasnya.

Lokasi belajar yang lain yakn di mall agar supaya siswa langsung lebih nyambung sekaligus membandingkan, ilmu yang didapat di sekolah sesuai atau tidak dengan apa yang ada di lapangan.

“Semua kita lakukan supaya transformasi ilmu kepada siswa lebih mudah, sekaligus siswa dapat membandingkan apa yang didapat di sekolah sesuai dengan kondisi di lapangan atau tidak,”ungkapnya.

Selain itu, siswa juga diajarkan berwirausaha kecil-kecilan, dengan membuat beberapa macam makanan, dan dibazarkan di sekolah ketika ada perkumpulan wali murid.

Hal tersebut bertujuan untuk melatih keberanian siswa untuk tampil menghadapi orang, walaupun untuk menjajakan dagangannya.

“Kita ada yang namanya marketing day, jadi siswa kita membawa sesuatu untuk di bazarkan di Sekolah,ini jangan di lihat dari sisi ekonomisnya, namun jauh dibalik itu, tujuan kita yakni untuk menumbuhkan mental anak agar berani menghadapi orang,untuk menawarkan dagangannya,”katanya.

Sekolah yang mempunyai jam belajar dari jam 07.00WIB – 16.00 WIB mewajibkan siswanya untuk shalat Dzuhur dan Ashar berjama’ah di masjid, bahkan ketika tidak ada air bersih di sekolah, guru mendampingi siswa untuk keluar meminta air untuk wudhu kepada warga sekitar. (adi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *