SDN 3 Sukajawa Berprestasi Diajang Teakwondo

FOKUS – Keberadaan sekolah yang berdempetan dengan sekolah lainnya bukan masalah yang berarti bagi SDN 3 Sukajawa, pasalnya lembaga pendidikan ini mampu menempatkan siswanya diposisi juara III tingkat nasional dalam kejuaraan taekwondo.

Menurut  Kepala SDN 3 Sukajawa, Refyati,M.Pd, sekolahnya walaupun berada dipinggiran namun prestasi yang ditorehkan sudah mencapai tataran nasional,hal ini dibuktikan pada bulan November lalu siswa SDN 3 Sukajawa berhasil merebut juara III tingkat nasional dalam kejuaraan Taekwondo.

“Sekolah kita memang ada dipinggiran mas, tapi prestasi yang sudah kita torehkan sudah mencapai kelas nasional, dan mendapat juara III nasional,”jelas Refyati di ruang kerjanya,  Senin (14/12).

Meskipun demikian, dia tidak mau membusungkan dada alias menyombongkan diri. Wanita bersahaja ini tidak mau merasa cepat puas akan torehan yang diraih, bahkan dia merasa harus lebih baik lagi dalam mempertahankan prestasi itu.

“Saya enggak mau menyombongkan diri mas, merebut itu lebih mudah jika dibandingkan dengan mempertahankan,”ujarnya.

Lanjutnya, dalam pembinaan siswa sekolah selalu intensif. Caranya,  dengan kegiatan ekstra kurikuler (eks school) setiap sabtu dan minggu ditujukan agar siswa lebih memahami lagi hal yang bersifat non kurikuler tersebut.

“Kita adakan eks school setiap hari sabtu dan minggu, itu semua agar siswa kita lebih intensif dalam belajar bidang non kurikulum, dan juga pemilihan waktu tersebut agar siswa tidak menghabiskan waktu liburannya untuk bermain,”tandasnya.

Senada dikatakan M.Guntur Avarenza, Kepala Bagian Tata Usaha SDN 3 Sukajawa. Menurutnya, pihak sekolah sangat mendukung segala macam  bentuk kegiatan siswa demi menunjang prestasi siswa sekolah tersebut.

“Support kita penuh terhadap semua kegiatan siswa kita, selagi kegiatannya itu bersifat positif pasti selalu kita dukung,”ungkapnya.

Masih kata dia,guru selalu melakukan upaya rangsangan terhadap siswa, agar siswa makin terpacu untuk belajar.

“Guru kita selalu memberikan rangsangan pembelajaran kepada siswa, agar siswa kita selalu terpacu untuk belajar lebih baik lagi,”ujarnya.

Menyikapi tentang prestasi, saat ini sekolahnya memang masih berprestasi dalam hal ekstrakurikuler saja, namun demikian sekolah saat ini sedang menyiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan yang sifatnya akademik, dan sekolah tidak akan berupaya penuh agar siswanya dapat keluar sebagai juara.

“Prestasi kita yang menonjol saat ini memang di ekskulnya, namun kedepannya sekolah juga akan mengembangkan lagi prestasi dibidang akademik,”tutupnya. (adi)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *