4 views

KPU Pesawaran Tegaskan Syarat Pencalonan Dendi Tidak Bermasalah

FOKUS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran memastikan syarat pencalonan Dendi Ramadhona-Eriawan tidak bermasalah. Termasuk masalah utang piutang yang kini dipermasalahkan kembali paslon Fadhil Hakim – Zainal Abidin.

Ketua KPU Pesawaran, Amin Udin mengatakan, terkait hutang piutang sudah pernah dilaporkan oleh maasyrkat ke Panwaslu Pesawaran. Dan menurut panwas bahwa laporan tidak terbukti bahkan sudah ada keterangan dari pihak Bank.

“Tapi ada bagusnya tanyakanm langsung ke panwas, karena kami sifatnya hanya menerima informasi dari panwas,” kata dia, Selasa (15/12).

Terkait, adanya tudingan pengalihan suara, KPU juga memastikan itu tidak ada. Karena, pada hari H KPU memimnta kepada KPPS melalui PPK menyampaikanm form C1 cepat kepada KPU.

“Dan itu sudah dilakukan bahkan pada hari H itu sudah terkumpul.terakhir adalah kecamatan marga Pundu Pidada,” ungkapnya.

Sementara, dugaan tidak netral penyelenggara pemilu, KPU memastikan pihaknya sangat menjunjung netralitas sebagai penyelenmggara pemilu.

“Tolak ukur keberpihakan apa, kami sudah menjalankan sesauai tugas dan fungsi kami. Kami sebagai penyelenggara tentu menjaga netralis. Jika pun ada, itu adalah oknum silahkan laporkan kepada pihak yang berwenang,” tegasaya.

Sementaran, untuk rendahanya tingkat partispasi, KPU mengakui untuk tingkat partisipasai pemilih di Pesawaran sudah cukup bagus. Pesawaran masuk tiga besar tingkat partisipasi tertinggi di pilkada serentak di Lampung.

“Pesawaran ini menepati urutan ketiga yang partisipasinya tinggi setelah Metro dan Pesisir Barat,” tegasnya.

Sementara, Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih menegaskan, jika syarat pencalonan tidak ada yang bermasalah lagi. Jika, ada pihak yang ingin melaporkan pihaknya maka dipersilahkan.

“Semua syarat pencalonan sudah memenuhi syarat sesuai PKPU, termasuk Calon Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona. Dalam PKPU No 9 Tahun 2015 Pasal 42 Huruf M itu, yang tidak boleh jika dia mempunyai untuk yang merugikan negara,” tandasnya. (win)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *