36 views

Pemkab Mesuji Teken MOU dengan Unsri

HARIANFOKUS.COM – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur (Lamtim) menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding-MoU) dengan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, tentang tenaga honor spesialis yang akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukadana, (18/12) lalu.

Acara tersebut dihadiri Pj Bupati Lamtim Tauhidi, Direktur RSUD Sukadana Dr. Nanang, kepala BKD Okta Harialsyah, Asisten II Junaidi, Sekkab Lamtim Iwan Nurdaya, Wakil Sekan III FK Unsri Dr. theodorus,M.Med.SE, Ketua PPDS FK Unsri Dr. Ferry Yusrizal,Sp,OG(K), Sekretaris PPDS FK unsri Dr. Ali Solahidin,Sp.M, tenaga pengajar FK Unsri Dr. Ngurah Putu W Laksamana.

Pj Bupati Lamtim mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Sriwidjaja, Palembang beserta rombongan, atas kesediannya menyambangi Kabupaten lamtim guna melakukan MoU. Kepada Tuhan Yang Maha Esa dirinya mengucapkan syukur atas rahmat dan karunia yang telah diberikan kepada semua yang hadir, sehingga pada kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebagai bersilaturahmi.

“Ini acara penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dengan Universitas Sriwidjaja Palembang, tentunya dalam keadaan sehat walafiat, Amin,” terang Tauhidi.

Menurut dia, dalam kesempatan itu atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Timur mengucapkan selamat datang kepada Rektor Universitas Sriwijaya dari Palembang beserta rombongan di Kabupaten Lampung Timur, semoga kehadiran rombongan di Sukadana ini akan memiliki kesan tersendiri.

“Perlu saya sampaikan Rumah Sakit Umum Daerah Sukadana dibangun dan diresmikan pada tanggal 28 Januari 2003, merupakan Rumah Sakit dengan Tipe C, sedangkan dalam menjalankan operasionalnya hingga saat ini keadaan RSUD Sukadana memiliki kapasitas 100 tempat tidur,” ucapnya.

Ia melanjutkan di RSUD Sukadana terdiri 4 pelayanan dasar yang terdiri yakni pertama ilmu Penyakit Dalam, kedua ilmu Kesehatan Anak, ketiga Ilmu Penyakit Bedah dan Ilmu Penyakit Kandungan. Tetapi untuk menunjang pelayanan dasar, disertai dengan pertimbangan animo masyarakat yang berkunjung berobat semakin hari semakin meningkat, tentunya harus didukung dokter spesialis penunjang yang salah satunya adalah dokter spesialis anestesi.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini kami sangat berapresiasi dan berterima kasih yang saat ini dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Sriwidjaja dan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur,” tambah Tauhidi.

Ia memaparkan nota kesepahaman ini merupakan awal pelaksanaan dan payung hukum dalam melaksanakan perjanjian kerjasama penyediaan dokter spesialis antara Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukadana Kabupaten Lampung Timur, hal ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan terhadap kesehatan masyarakat.

Pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat dapat terwujud dengan dilaksanakan kerja sama yang baik antara institusi pendidikan kedokteran dengan institusi pelayanan kesehatan, dalam hal ini adalah Fakultas Kedokteran dengan Rumah Sakit. Kerja sama dari kedua belah pihak tersebut dapat dicapai melalui proses pendidikan dokter, dokter spesialis, dan tenaga kesehatan lainnya.

“Harapan kami juga kerjasama yang dilaksanakan saat ini nantinya bisa diikuti oleh bagian lain Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya seperti Spesialis Bedah, Mata, THT dan lainya. Namun perlu adanya integrasi tata kelola sumber daya manusia, penelitian, sehingga pelayanan kesehatan akan semakin meningkat secara keseluruhan,” tutupnya. (*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *