9 views

Sambut Natal dan Tahun Baru, Kinerja Dinas Perhubungan Amburadul

HARIANFOKUS.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung dinilai kurang antisipasi terhadap membludaknya penumpang pejalan kaki, yang mudik saat libur Natal dan tahun baru kali ini.

Hal itu tampak dari jumlah ketersediaan bus angkutan umum di terminal di dalam Pelabhuhan Bakauheni

Manajer operasional PT ASDP cabang Bakauheni, Heru Purwanto mengatakan, pihaknya telah menyampaikan prediksi adanya peningkatan arus penumpang pada libur Natal dan tahun baru kali ini. Mengingat libur Natal dan tahun baru bersamaan dengan akhir pekan.

Prediksi peningkatan arus penumpang tersebut disampaikan Heru saat rapat koordinasi dengan Dishub Lampung.

“Kami sudah sampaikan dalam rapat, prediksi adanya kenaikan penumpang. Karena akan banyak masyarakat memanfaatkan libur Natal dan tahun baru, yang bersamaan dengan long weekend untuk pulang kampung,” ungkapnya, Kamis (24/12/2015).

Terkait dengan persiapan arus balik nantinya, Heru mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi. Jumlah kapal yang siap beroperasi mencapai 47 armada kapal.

Pantauan awak media, ribuan penumpang pejalan kaki asal Pulau Jawa, yang hendak melanjutkan perjalanan ke Terminal Rajabasa, telantar di Pelabuhan Bakauheni, Kamis (24/12/2015) pagi.

Hal itu terjadi lantaran tidak ada bus maupun travel di terminal di dalam pelabuhan.

Mereka tampak memenuhi areal terminal bus di dalam Pelabuhan Bakauheni sejak pukul 5.00 Wib. Hingga hampir pukul 11.00 Wib, penumpukan penumpang masih tampak.

Penumpukan penumpang terjadi lantaran tidak ada bus maupun angkutan lain yang tersedia di terminal di dalam Pelabuhan Bakauheni.

“Dari tahun ke tahun, pelayanan pemerintah terhadap masyarakat yang hendak mudik sangat buruk. Terbukti, Pemprov Lampung tidak siap menyambut pelayanan mudik Natal dan tahun baru,” terang Ian, salah seorang penumpang.

Dari pelabuhan Bakauheni dilaporkan penumpukkan jumlah penumpang pejalan kaki, Kamis (24/12/2015) terus bertambah.

Hal itu lantaran kapal roro yang membawa penumpang dari Pelabuhan Merak tetap beroperasi. Sementara, penumpang yang tiba di Pelabuhan Bakauheni tidak bisa meneruskan perjalanan. Hal itu karena tidak ada bus yang tersedia di terminal di dalam Pelabuhan Bakauheni.

Kasat lantas Polres Lampung Selatan (Lamsel) Ajun Komisaris Mubiartho mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Lampung dan Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung untuk mengerahkan bus dari terminal Rajabasa ke Pelabuhan Bakauheni.

“Kami sudah sampaikan ke organda dan dishub provinsi untuk meminta bus tambahan,” kata dia.

Hal serupa disampaikan Kepala Dishub Lamsel Syukur Kersana. Ia mengaku telah melaporkan kondisi penumpukan penumpang di Pelabuhan Bakauheni ke Dishub Lampung. (Singgih)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *