Calon Peratin di Lampung Barat Dimintai Setoran

HARIANFOKUS.COM – Aroma tak sedap mewarnai pemilihan kepala peratin di Lampung Barat. Biaya alias ongkos mahal harus dikeluarkan oleh sejumlah calon pertain yang akan bertarung dalam pilratin lumayan besar, mencapai Rp20jutaan – Rp50 juta.

Hal ini diakui salah satu catin di Kecamatan Balikbukit kepada lampungtoday.com yang membenarkan adanya dugaan pemungutan liar (Pungli) yang lakukan oleh panitia penyelenggara pemilihan peratin dengan besarnya Rp20 juta hingga Rp50 yang dibebankan kepada para calon peratin (catin)

” Masalah pendaftaran tidak ada ,namun jika dimintak uang itu benar ,dengan alasan bahwa pemkab kekurangan dana untuk penyelenggara pilratin,”kata salah seorang catin yang ada dibalikbukit (waymengaku) yang gak mau disebutkan namanya, seperti dilansir sejumlah awak media.

Catin itu menambahkan, kala itu waktu mulai dibukanya jadwal penjaringan calon peratin,dirinya lansung melakukan pendaftaran kepada para panitia penyelenggara.

Namun saat sedang melakukan pendaftaran salah seorang panitia penyelenggara mengatakan bahwa Pemkab Lambar kekurangan dana untuk penyelenggara pilperatin sehingga memintak bantuan dari para catin

“Secara terang-terangan kami dimintak uang Rp30 juta ,dengan dalih untuk membantu dana penyelenggara peratin dan pembayaran dana dibagi rata dengan jumlah calon yang ada di pekon, “katanya.

Masih kata dia,tentunya pihaknya merasa keberatan tentang pemungutan biaya itu,namun saat itu dirinya tetap menanggapi permintakan dari penitia penyelenggara.

“Kami tidak bisa berbuat apa-apa ,sejauh ini tetap kami tanggapi ,kalau memang benar dimintak ,akan kami usahakan,” pungkasnya. (Singgih/Ldy)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *