2 views

Biodata Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin

HARIANFOKUS.COM РBrigadir Jenderal (Brigjen) Ike Edwin menjabat kapolda Lampung menggantikan Brigjen Edward Syah Pernong.Putra Lampung ini lahir di Jakarta pada 25 Februari 1960. Dikutip dari http://saliwanovanadiputra.blogspot.co.id, diketahui ayah Ike adalah Mayor Udara Mohammad Bunyamin Suhaimi dan ibunya bernama Radin Maslena Dewi.

Jenjang pendidikan SD dan SMP Ike di Tanjungkarang kemudian masa SMA dihabiskan di Pekanbaru, Riau. Ia sempat kuliah di Fakultas Hukum Universitas Lampung namun memilih Akpol sebagai tempat menuntut ilmu pada jenjang pendidikan tinggi.

Jika pendahulunya Brigjen Edward Syah Pernong adalah Raja Paksi Buay Skala Brak, Brigjen Ike Edwin adalah Perdana Menteri Kepaksian Pernong Kerajaan Adat Paksi Pak Skala Brak. Ia bergelar Dang Gusti.

Ike adalah adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak September 2013 mengemban amanat sebagai Wakapolda Sulsel, menggantikan Brigjen Pol Syahrul Mamma.

Ike adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985. Ia berpengalaman dalam bidang reserse. Ia pernah juga menjadi widyaiswara madya Sespim Polri.

Berikut beberapa jabatan yang pernah diemban Brigjen Ike Edwin:

Kasat Ekonomi Ditreskrim Polda Metro Jaya

Kapolres Tanah Bumbu Polda Kalsel

Wadirreskrim Polda Metro Jaya (2005)

Kepala SPN Polda Metro Jaya

Kapolres Metro Jakpus Polda Metro Jaya (2008)

Kapowiltabes Surabaya Polda Jatim (2009)

Dirtipidkor Bareskrim Polri (2010)

Widyaiswara Madya Sespim Polri (2011)

Wakapolda Sulsel (2013).

Diberitakan sebelumnya, salah seorang putra terbaik Lampung saat ini, Brigadir Jenderal  (Brigjen) Ike Edwin bakal menjadi kapolda Lampung menggantikan Brigjen Edward Syah Pernong. Brigjen Ike Edwin sebelumnya Wakapolda Sulawesi Selatan.

Adapun Brigjen Edward Syah Pernong akan dimutasi menjadi staf ahli Kapolri. Selain Kapolda Lampung, beberapa pejabat utama juga dimutasi, yakni Kabid Propam Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Kukuh dan Kabidku. (Singgih)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *