0 views

Amien Rais Bahas Empat Elemen Kekuasaan di Lampung

HARIANFOKUS.COM- Tokoh reformasi, Amien Rais memberi pendidikan politik pada kader dan pimpinan PAN se-Lampung. Perumus gagasan high politik itu menjelaskan empat elemen kepemimpinan nasional yang selama ini masih rapuh dan harus segera diselamatkan. Namun demikian, Amien Rais meminta semua kader PAN tidak pesimisme. Melainkan harus tetap optimis menatap masa depan Indonesia. Termasuk untuk merebut kepemimpinan nasional. “Karena adil dan keadilan, menjadi dua kata dalam Pancasila, yang bisa ditegakkan hanya ketika kita menguasai kepemimpinan,” kata Amien Rais ketika pidato kebangsaan di Bandarlampung, Selasa (19/1) malam.

Amien Rais hadir di Bandarlampung didampingi Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan. Terlihat hadir juga Gubernur, M Ridho Ficardo dan sejumlah kepala daerah se-Lampung.

“Saya akan menjelaskan empat elemen penting dalam kekuasaan,” kata dia.

Pertama, jelas Amien Rais, kekuasaan itu harus didudukung kekuatan ekonomi. “Saat ini, Negara kita mengalami ketimpangan ekonomi yang luar biasa. Aset kekayaan hanya berputar pada satu persen orang, bahkan total kekayaan 99 persen orang kalah dibanding dengan kekayaan satu orang itu.”

Elemen kedua, menurut Amien, adalah ilmu pengetahuan dan tekhnologi. “Pada titik ini, bangsa kita juga masih jauh tertinggal dibanding dengan bangsa-bangsa lain,” kata dia.

Kemudian, kekuatan militer dan sumber daya manusia (SDM). “Empat elementer itu, harus terus menerus kita bangun agar kokoh,” ujar dia.

Amien Rais juga menjelaskan, upaya berdakwah dengan amar maruf nahi munkar, masih kurang. Melainkan harus juga ditempuh, menegakkan keadilan dan mencegah kedzoliman. “Menurut saya, al amru bil adl wahnahyil dulm juga penting diserukan selain amar maruf nahi munkar,” kata dia. (dre)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *