51 views

Adik Mukhlis Basri Disebut Belum Layak Pimpin Lampung Barat

HARIANFOKUS.COM- Peta Pilkada yang akan digelar serentak pada 2017 nanti, mulai memunculkan sejumlah nama. Di Lampung Barat misalnya, Bupati Mukhlis Basri sudah dua periode, sehingga tak bisa maju sebagaimana diamanatkan Undang-undang. Akan tetapi, saat ini beredar nama-nama yang siap menggantikan Mukhlis Basri. Yaitu, Farosil Mabsus.

Namun demikian, banyak kalangan menilai jika hanya bermodal adik bupati, Farosil Mabsus belum layak memimpin Kabupaten Lampung Barat. Pasalnya, daerah yang terkenal dengan penghasil kopi dan dataran pegunungan itu, perlu sentuhan pemimpin yang benar-benar memahami persoalan masyarakat.
Menurut pengamat politik dari Unila, Budiono persoalan Lampung Barat, sebagai daerah terbelakang dan masih banyak penduduk miskin.

“Lambar perlu pemimpin ke depan yang punya jejaring luas di luar daerah, terutama di Jakarta,” kata dia pada harianfokus.com, Jumat (29/1/2016).

Sebab, jelas Budiono, semua itu tidak cukup jika modal sebagai calon hanya mengandalkan keluarga yang kebetulan sedang berkuasa. “Sebaiknya, jangan memanjangkan tali kepemimpinan dinasti lah,” kata dia.

Namun demikian, hak politik dan sah-sah saja jika Farosil Mabsus maju. Itu juga amanat Undang-undang. “Kita tidak bisa melarang itu, akan tetapi jangan sampai hanya menambah rentetan politik dinasti,” tegas Budiono.

Sementara itu, berbeda dengan pandangan Budiono, beberapa warga Lampung Barat justru mendukung adik Mukhlis Basri maju menggantikan sebagai bupati. “Itu sudah dimulai dengan menjadi ketua di DPC PDI Perjuangan Lambar,” kata Kurniawan, salah satu kader PDIP asal Pekon Sukau diwawancarai via ponselnya, kemarin.

Dia juga menjelaskan, Farosil telah berpengalaman di bidang organisasi, pernah jadi Ketua Karang Taruna Indonesia Lambar.

“Ya darimana tidak layaknya, beliau (Farosil Mambsus) sekarang jadi anggota DPRD juga, artinya cukup matang di politik, jadi ya jangan hanya dilihat sebagai adiknya Mukhlis Basri,” katanya.(win/dre)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *