1 views

Soal Tapal Batas, Hanan Lapor ke Gubernur

HARIANFOKUS.COM- Bupati Tulangbawang Hanan A Rozak akan melaporkan ke Gubernur Lampung M Ridho Ficardho terkait tapal batas antara Tuba dengan Mesuji tepatnya didaerah pemukiman nelayan Minak Jebi, Teluk Gedung, dan Kuala.

Hanan usai memimpin rakor bulanan di Kantor Pemda Baru mengatakan, bahwa wilayah yang diklaim Mesuji itu merupakan daerah Tuba.

“Daerah itu masuk dalam Kabupaten Tuba. Intinya Pemkab Tuba secara jelas mentaati Peraturan Perundang-Undangan yang ada, mengingat batas wilayah Mesuji dan Tuba dalam Undang-Undang,” kata dia, Selasa (2/2).

Menurut dia, ada dua persoalan terkait tapal batas tersebut kepada Gubernur. Pertama, terkait kartu tanda penududuk (KTP) yang dikeluarkan oleh Pemkab Mesuji kepada daerah pemukiman nelayan Minak Jebi, Teluk Gedung, dan Kuala. Dan kedua, mengenai fasilitas umum seperti jalan, sumur bor serta jembatan yang di bangun menggunakan APBD Mesuji.

“Maka Pemkab Mesuji dipastikan melanggar hukum,” ujarnya.

Hanan mengkhawatirkan jika persoalan tersebut tidak segera diselesaikan maka akan berpotensi konflik horizontal.

“Kita Konsisten terhadap undang-undang bahwa yang namanya Kecamatan Rawa Jitu Timur termasuk tiga pemukiman itu masuk ke dalam Kabupaten Tuba. Maka itu kita minta dikembalikan, sebab jika tidak di tangani dengan cepat dikhawatirkan dapat menimbulkan konflik horizontal,” tegasnya. (saidi)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *