3 views

Perjalanan Terjal Hidup Yuan

HARIANFOKUS.COM– Menjadi seorang pengusaha harus melewati jalan terjal nan berliku untuk sampai kepada puncak pendakian. Jadi, sebelum memulai suatu usaha untuk menjadi pengusaha apapun bidang yang anda geluti mesti dari awal menyadari bahwa anda akan mendaki dengan jalan terjal dan berliku yang harus anda lalui.

Demikianlah pelajaran berharga yang dituturkan pemilik Intan Ekspedisi, James Yuan (41) kepada harianfokus.com di kantornya, Rabu (3/2).

Yuan menceritakan, ketertarikannya didunia bisnis berawal ketika masih duduk dibangku kuliah dengan berjualan kecil-kecilan diarea kampus.

“Dulu waktu masih jadi mahasiswa saya jual burger bersama teman sekelas saya,” kata dia.

Memiliki darah bisnis dari mendiang ayahnya terus digeluti Yuan hingga lulus dari perguruan tinggi. Yuan mencoba bisnis kuliner meski tidak berhasil. Yuan kembali mencoba bisnis dibidang lainnya, bisnis meubel. Namun, lagi-lagi bisnis yang digeluti pria kelulusan Universitas Kristen Indonesia (UKI) ini harus gulung tikar karena ditipu oleh teman bisnisnya sendiri.

“Baik rumah makan dan meubel saya harus gulung tikar,” ujarnya.

Semangat Yuan untuk berbisnis hampir padam, namun berkat dorongan keluarga terutama istri, Yuan kembali mencoba bisnis ekspedisi dengan memanfaatkan kendaraan sepeninggalan orang tuanya.

“Saya mencoba memanfaatkan mobil sepeninggalan papa saya untuk berbisnis jasa ekspedisi,” tuturnya.

Kini Yuan sudah memiliki enam kendaraan roda empat untuk menjalankan ekspedisinya keberbagai daerah.

“Jadi semakin banyak pengalaman yang kita punya, maka semakin pintar kita berbisnis,” tandasnya. (sdm)

 

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *