17 views

Tapal Batas, Khamamik Disebut Nganeh

HARIANFOKUS.COM- Bupati Mesuji Khamamik disebut nganeh. Pasalnya, daerah yang diklaim Pemkab Mesuji ternyata masih berada di wilayah Kabupaten Tulangbawang. Daerah yang dimaksud adalah Pemukiman Nelayan Minak Jebi, Teluk Gedung, dan Kuala. Ketiga daerah tersebut menurut Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tuba masih masuk daerah Tuba sesuai Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2008 tentang Pembentukan Daerah Otonomi Kabupaten Mesuji.

Kepala BPKAD Tuba Rustam Efendi mengatakan, Pemkab Mesuji tidak mempunyai alasan mengklaim daerah tersebut sebagai daerahnya. Apalagi sampai membangun fasilitas umum dan memberikan kartu tanda penduduk (KTP) Mesuji kepada warga setempat.

“Pemkab Mesuji itu menurut saya aneh, kan ada aturannya,” kata dia, Rabu (3/3).

Menurut dia, Pemkab Mesuji tidak paham aturan tapal batas. “Baca Undang-Undang tentang batas wilayah itu sampai selesai, jangan setengah-setengah,” ungkapnya.

Senada disampaikan, Asisten I Pemkab Tuba Pahada Hidayat. Menurut dia, pengklaiman tapal batas yang diklaim Pemkab Mesuji akan mengganggu perhitungan Produk Regional Netto atas biaya faktor produksi PDRN dikurangi pajak tak langsung netto.

“Pendapatan Regional Perkapita adalah Produk Regional Netto atas dasar biaya faktor produksi dibagi dengan jumlah penduduk pertengahan tahun,” ujarnya.

Dijelaskannya, Tuba mempunyai luas  346.632,00 Ha merupakan daerah agraris, yang ditunjukkan dengan mata pencaharian pokok penduduknya di sektor pertanian. Pada Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang Barat, maka wilayah Kabupaten Tulang Bawang menjadi 15 Kecamatan dan 151 kampung/kelurahan setelah dikurangi wilayah Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Tubabar

Kabupaten Tuba salah satu dari 15 Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Lampung, yang berbatasan dengan :

  1. Sebelah utara dengan Kabupaten Mesuji
  2. Sebelah selatan dengan Kabupaten Lampung Tengah
  3. Sebelah timur dengan Laut Jawa
  4. Sebelah barat dengan Kabupaten Tulang Bawang Barat

Secara Topografi Kabupaten Tulang Bawang dapat dibagi dalam 4 unit topografi :

Daerah Dataran merupakan daerah terluas yang dimanfaatkan untuk pertanian dan cadangan pengembangan Transmigrasi.

  1. Daerah Rawa, terdapat di sepanjang Pantai Timur dengan ketinggian 0–1 m yang merupakan daerah rawa pasang surut yang pemanfaatannya untuk perawatan pasang surut.
  2. Daerah River Basin, terdapat 2 River Basin yang utama yaitu River Basin Tulang Bawang dan River Basin Sungai –sungai kecil lainnya. Pada areal River Basin Sungai Tulang Bawang dengan anak – anak sungainya membentuk pola aliran sungai “dendritic“ yang umumnya merupakan sungai–sungai di Lampung. Daerah ini memiliki luas 10150 Km2 dengan panjang 753 Km yang digunakan untuk pengembangan tambak udang.
  3. Daerah Alluvial, meliputi pantai sebelah timur yang merupakan bagian hilir (down steem) dari sungai–sungai besar yaitu Tuba dan Mesuji, untuk pelabuhan. (saidi)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *