Seruu.. Rematch Pilkada Pringsewu, Wakil Menjadi Penentu Kemenangan

HARIANFOKUS.COM- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pringsewu pada 2017 mendatang dipastikan berlangsung panas dan seru. Sebab, kabupaten dengan motto “Bersenyum Manis” ini diprediksi akan terjadi tarung ulang (rematch) antara incumbent Sujadi dengan seteru lamanya Ririn Kuswantari yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Provinsi Lampung.

Massa yang dirawat dan karir politik Ririn yang terus naik disebut pengamat politik bakal menjadi lawan berat incumbent. Sehingga posisi nilai jual wakil bupati yang akan menjadi penentu kemenangan keduanya.

“Basis massa Ririn masih ada, dia legislator, Alzier sebagai Ketua Golkar sudah merestui Ririn maju di Pringsewu itu dua modal utamanya,” kata dia kepada harianfokus.com.

Menurut Robi ada beberapa calon wakil bupati yang perlu diperhitungkan pada Pilkada Pringsewu. Mereka yakni, Samsir, Edi Agus, Maulana, dan Darwis Eka. Namun, Samsir mempunyai peluang besar untuk digandeng Sujadi atau Ririn mengingat Samsir mempunyai pengalaman di birokrasi.

“Posisi wakil bupati sosok Samsir yang sekarang menjabat sebagai Sekda Lampura menjadi calon kuat. Karena yangbersangkutan mantan Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Bappeda Pringsewu. Jika ingin wakil dari parpol, Edi Agus, Maulana bisa dilirik, jika ingin tokoh, Darwis Eka punya massa di Pagelaran. Samsir bisa jadi pilihan tepat untuk Sujadi atau Ririn jika mereka maju menjadi bupati, karena pengalaman birokrasinya,” jelas Dosen Fisipol Unila ini.

Selain harus selektif memilih wakil bupati, Robi menyarankan agar kedua calon tersebut segera melakukan sosialisasi dan komunikasi politik secepat-cepatnya.

“Sosok wakil menjadi sangat penting pada remech ini, yang harus dilakukan incumbent dan calon pendatang adalah sosialisasi dari sekarang,” tandasnya. (Win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *