Parade Sepeda Ontel HUT Tuba Berlangsung Meriah

HARIANFOKUS.COM –Masih dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tulangbawang ¬†yang ke-19 tahun pada 20 Maret 2016, pemerintah setempat melalui Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) mengadakan kegiatan Parade Sepeda Ontel, Sepeda Gembira, dan parede Sepeda Gunung Festival Megou Pak Tulang Bawang yang seyogyanya sudah berjalan selama 10 Tahun terakhir ini, Rabu (16/3).

Selain berasal dari penjuru daerah Tuba, ikut memeriahkan juga peserta dari luar kota seperti peserta dari Palembang. Peserta menggunakan kostum ala kolonial Belanda menjadi tontonan warga Tuba.

Kegiatan parade sepeda itu dibuka langsung oleh Bupati Tuba Hanan A Rozak dan Heri Wardoyo dengan menggoes sepedanya hingga ke finis sebagai pertanda parade dimulai.

Dalam sambutannya Hanan mengatakan acara Parade Sepeda Ontel, Sepeda Gembira dan Sepeda Gunung, yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Megou Pak Tulang Bawang ke-10 Tahun 2016, dan sekaligus memeriahkan HUT ke-19 Kabupaten Tuba, bahwa kegiatan Parade Sepeda ini, sudah dua kali ini dilaksanakan.

“Saya pun cukup bangga melihat antusiasme masyarakat dan berbagai elemen terhadap kegiatan ini. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dan komunitas pecinta sepeda ontel, sepeda gembira dan sepeda gunung, yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, baik dari dalam maupun luar daerah Kabupaten Tuba,” Kata Hanan.
Kemeriahan yang diciptakan bersama pada kegiatan ini, tentu saja diharapkan bukan hanya bermanfaat baik untuk mempererat silaturahmi dan kebersamaan, serta juga dapat membudayakan hidup sehat dengan bersepeda, maupun dalam upaya mengangkat kearifan budaya lokal.

“Selain itu juga untuk mendorong tumbuhnya komunitas-komunitas kreatif masyarakat Tuba, seperti komunitas bersepeda yang bisa berperan dalam mendukung pembangunan, Karena itulah, saya ingin berpesan kepada Panitia dan Satuan Kerja, agar dapat terus berkreasi dan berinovasi dalam memeriahkan festival budaya ini setiap tahunnya. Untuk bisa sukses dan meriah, tidak semua kegiatan harus selalu diukur dengan biaya besar atau mahal, tetapi yang terpenting adalah, bagaimana kita mampu kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan segenap potensi dan sumberdaya yang ada dengan baik, efektif dan efisien, sehingga hasilnya pun bisa optimal dan membanggakan,” terangnya.
Maka dari itu, tambahnya, ia megucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam mendukung kemeriahan kegiatan tersebut, baik panitia, peserta parade Sepeda Ontel, Sepeda Gembira, dan Sepeda Gunung, serta masyarakat yang telah ikut berpartisipasi.

“Sebagai informasi, perlu diketahui bahwa besok tanggal 17 Maret 2016, agenda Festival Megow Pak Tulangbawang akan dilanjutkan dengan kegiatan Begawi Adat, pemberian gelar adat (adeg) dari Pemuka Adat Megow Pak Tulangbawang, untuk itu, kami pun ingin mengundang masyarakat dan berbagai pihak untuk ikut menyaksikan dan berpartisipasi dalam memeriahkan acara tersebut,” Tutup Hanan sembari melepas para peserta lomba dan ia mengucapkan selamat bersepeda berkeliling kota Menggala. Tetap selalu jaga keselamatan dan ketertiban selama bersepeda.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua dan anggota Komunitas Sepeda Ontel, Sepeda Gembira dan Sepeda Gunung Se-Kabupaten Tuba, Anggota Forkopimda Plus Tuba, Sekda Tuba, beserta Pejabat Struktural Pemerintah, serta Anggota komunitas dan juga Penghobby dan Pecinta Sepeda dari Aparatur Sipil, TNI, Polri, Mahasiswa, Pelajar tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *