1 views

PERCEPATAN KINERJA PEMBANGUNAN TULANG BAWANG BERBASIS PERKAMPUNGAN MELALUI PENINGKATAN INFRASTRUKTUR, KUALITAS SDM, REVITALISASI PERTANIAN DAN PENGEMBANGAN POTENSI DUNIA USAHA

HARIANFOKUS.COM-Bupati Tulang Bawang, Hanan A. Rozak, MS menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan kinerjanya dalam pembangunan Kabupaten Tulang Bawang.

“Kita patut bersyukur atas dukungan semua pihak terkait, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini Kabupaten Tulang Bawang memperoleh berbagai penghargaan baik ditingkat nasional maupun provinsi atas kinerja di berbagai bidang” ujar beliau.

Kinerja pembangunan yang telah dilaksanakan diantaranya Gerakan Serentak Membangun Kampung (GSMK) dengan dana stimulan mencapai ± 93,6 Milyar, jumlah swadaya masyarakat yang terkumpul ± 22,4 milyar dan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak ± 547.187 HOK serta diperkirakan meningkatkan pendapatan masyarakat sebesar ± 29,71 milyar selama kegiatan GSMK berlangsung. Hasil dari program GSMK tahun 2013-2015 antara lain pembangunan jalan Onderlaagh/Telford sepanjang 247,36 Km, Jalan Rabat Beton 30,76 Km, pemadatan tanah jalan 57,12 Km, jembatan 126 unit, gorong-gorong 565 unit, drainase 24,95 Km dan lainnya.

Kinerja lainnya adalah revitalisasi kawasan ibu kota Menggala, revitalisasi infrastruktur kawasan KTM di Rawa Pitu dan kawasan strategis lainnya. Ditetapkannya jalan ruas Simpang Penawar – Rawa Jitu Timur menjadi Jalan Nasional, pembangunan jalan Hotmix ± 103,03 Km, jalan Lapen ± 88,57 Km, onderlaagh ± 60,03kunjungan2 Km, Boulevard ±18,51 Km, pembangunan sarana prasarana perumahan dan pemukiman, pengelolaan sumberdaya irigasi, normalisasi saluran, pembangunan tanggul penangkis, peningkatan sarana perhubungan, fasilitasi pengembangan sarana telekomunikasi dan kelistrikan.

Pembangunan Bidang Pendidikan diantaranya peningkatkan jumlah dan kualitas infrastruktur pendidikan, pemberian perlengkapan sekolah bagi siswa baru, bantuan pendidikan kepada siswa dan mahasiswa kurang mampu, peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik, penghargaan pada siswa dan guru berprestasi, peningkatan kualitas proses belajar dan mengajar.

Pembangunan di Bidang Kesehatan, diantaranya peningkatan kemampuan puskesmas menjadi puskesmas rawat inap pada wilayah simpul atau pusat pertumbuhan, fasilitasi pengembangan RSUD Menggala agar mampu memberikan pelayanan optimal pada masyarakat dan peningkatan kelas menjadi rumah sakit Kelas B, bantuan biaya kesehatan kepada keluarga miskin, revitalisasi posyandu dan pemberian insentif kader posyandu, peningkatan pembinaan Keluarga Berencana dan program kesejahteraan keluarga.

Pembangunan Bidang Pertanian dan Ketahanan Pangan, antara lain pengembangan dan revitalisasi kawasan sentra komoditas unggulan pertanian dan komoditas unggulan spesifik lokasi, revitalisasi SRG dan industri pengolahan beras (RMP) di Rawa Pitu, peningkatan pembinaan intensifikasi dan bantuan sarana dan prasarana agribisnis, peningkatan ketersediaan sarana pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.

Pembangunan Ekonomi Kerakyatan, diantaranya Revitalisasi pasar unit 2, pasar daerah dan pasar kampung/pasar tradisional, peningkatan teknologi dan fasilitasi permodalan usaha, peningkatan ketrampilan manajemen dan perluasan pasar produk koperasi dan UKM, fasilitasi kemitraan IK/IRT dengan industri menengah/besar, pembinaan dan penguatan kelembagaan koperasi dan UKM, optimalisasi perizinan dan iklim kondusif bagi dunia usaha.

Pembinaan Keagamaan, Sosial Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat dengan meningkatkan apresiasi kepada lembaga, tokoh agama dan adat dengan memberikan insentif guru ngaji, bantuan perjalanan umroh, perjalanan suci ke Yerusalem dan India, fasilitasi keberangkatan jemaah haji dan bantuan pengembangan sarana dan prasarana peribadatan, bantuan bencana alam, pembinaan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, dan peningkatan kualitas ketenagakerjaan. Disamping juga memprioritaskan pelaksanaan pembangunan di bidang Reformasi Dan Tata Kelola Pemerintahan, Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pelestarian Lingkungan.

Secara umum perkembangan hasil pembangunan dapat dilihat dari beberapa Indikator makro, seperti Perkembangan PDRB, Laju Pertumbuhan Ekonomi, serta Indeks Pembangunan Manusia.

Berdasarkan data BPS, PDRB Kabupaten Tulang Bawang Atas Dasar Harga Berlaku diperkirakan mengalami peningkatan dari 11,84 Trilyun pada tahun 2012 menjadi 14,86 Trilyun pada tahun 2014 atau meningkat sebesar 25,51 persen dari tahun 2012. Sedangkan Laju Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Tulang Bawang pada tahun 2014 mencapai 6,63 persen, lebih tinggi dari tahun 2012 yang hanya mencapai 5,29 Persen. Laju pertumbuhan ekonomi Tulang Bawang pada Tahun 2014 merupakan pertumbuhan tertinggi kedua di Provinsi Lampung, setelah Kota Bandar Lampung dengan laju pertumbuhan 6,96 persen. Kabupaten Tulang Bawang termasuk dalam kategori Kabupaten yang mampu menurunkan kemiskinan, dari 9,43 persen pada tahun 2012 menjadi 8,04 persen tahun 2013 dan pada tahun 2014 berada dikisaran 7 persen dan terus menurun. Ini sebagai indikasi bahwa pertumbuhan ekonomi juga dirasakan oleh masyarakat miskin.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tulang terus mengalami peningkatan, pada tahun 2014 mencapai 65,83 persen meningkat dari 64,11 persen pada tahun 2012. Hal ini ditunjang oleh keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan.

 Sebagai upaya terus meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang, akan dilakukan percepatan kinerja pembangunan tulang bawang berbasis perkampungan melalui peningkatan infrastruktur, kualitas SDM, revitalisasi pertanian dan pengembangan potensi dunia usaha. Prioritas pembangunan ke depan tetap diarahkan pada Pembangunan Bidang Infrastruktur; Pembangunan Bidang Pendidikan; Pembangunan Bidang Kesehatan; Pembangunan Bidang Pertanian Dan Ketahanan Pangan; Bidang Ekonomi Kerakyatan Dan Dunia Usaha, Pembinaan Keagamaan , Sosial Budaya , Dan Pemberdayaan Masyarakat; Reformasi Dan Tata Kelola Pemerintahan; serta Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pelestarian Lingkungan. (saidi)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *