0 views

Tekan Pertumbuhan Penduduk, BKKBN Metro Luncurkan Kampung KB

HARIANFOKUS.COM- Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, hari ini mendapat kehormatan menjadi Kampung Keluarga Berencana (KB). Pencanangan Kampung KB ini dihadiri oleh Walikota Metro Achmad Pairin, Wakil Walikota Djohan beserta perwakilan kepala BKKBN Provinsi Lampung Herlina, Sekda Kota Metro Ishak, Fokorprimda, Para Asisten ,Kepala SKPD, Camat, Lurah se-Kota dan Kader PKK, Selasa (22/03).

Kepala BKKBN Metro drg Erla Andriaty mengungkapkan, tujuan dicanangkannya kampung ini adalah untuk meningkatkan peran pemerintah daerah dalam meningkatkan program KB.  Selain itu tujuan lainnya yakni menurunkan kekerasan dalam rumah tangga, menurunkan angka kematian, meningkatkan kesejahteraan dan sanitasi rumah tangga.

“Sasaran kampung KB adalah keluarga, para remaja, pasangan usia subur dan lanjut dengan kreteria utama cakupan pendidikan yang kurang dan jumlah pendufuk yang padat,” kata dia.

Perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Lampung Herlina, memaparkan menurut arahan Presiden, semua masyarakat diharapkan dapat mensuskseskan Kampung KB secara nasional. Selanjutnya Kampung KB diolah dari masyarakat untuk memperoleh pelayanan dan mengendalikan jumlah penduduk.

“Bila laju pertumbuhan penduduk tinggi dan kualitas penduduk rendah dapat menyebabkan kesenjangan sosial maka program KB harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan” ungkap Herlina.

Program KB merupakan investasi program jangka panjang, sehingga perlu dilakukan pada seluruh lapisan masyarakat untuk kemudian dikembangkan ketiap daerah dimasa akan datang. Diharapkan Pemkot dapat memberikan dukungan Kampung KB dengan melibatkan tokoh masyarakat dan agama. Perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Lampung berharap, jika kampung KB yang telah dicangankan harus dievaluasi untuk melihat kelebihan dan kekurangan sehingga dapat dievaluasi.

Semntara, Walikota Metro Achmad Pairin dalam sambutannya mengatakan, alasan memilih lokasi di Kelurahan Hadimulyo Barat yakni harapannya program KB dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat di RW 09 Kelurahan Hadimulyo Barat Kecamatan Metro Pusat dapat menjadi juara pada perlombaan KB Kes yang akan datang,” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga Walikota Metro beserta jajaran bersama dengan Kepala Perwakilan BKKBN Pprovinsi Lampung menyerahkan hadiah pada juara lomba unggulan kelompok kegiatan keluarga berencana tingkat Kota Metro tahun 2016.(ist/win)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *