45 views

DPR RI : Permasalahan Listrik Jangan Hambat UN

HARIANFOKUS.COM- Dwita Ria Gunadi, Anggota Komisi X DPR RI asal Lampung II mengatakan persoalan listrik di Lampung jangan menghambat ujian nasional (UN) berbasis computer yang akan digelar awal April.
Karena itu, dia berharap permasalahan listrik yang terkadang mati dan hidup harus ditangani secara cepat dan serius.
“April nanti sekolah-sekolah yang ada di Lampung sudah ada yang menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jika permasalahan listrik tidak dapat diatasi, maka siswa-siswi yang mengikuti UNBK akan terganggu konsentrasinya,” ujar nya seperti dalam rilis yang diterima harianfokus.com, Kamis (24/3).
Lanjutnya, UNBK ini menurut Mendikbud adalah bentuk UN yang efisien dengan tingkat integritas baik. Menurut Dwita nilai ujian nasional baik tingkat SMP/MTS,SMA/MA, dan SMK di Lampung perlu mendapat perhatian serius. Pasalnya nilai poin rata-rata UN di kabupaten khususnya Lampung II, masih berada di bawah rata-rata nasional.
“Contohnya saja Lampung Timur, nilai rata-rata untuk semua sekolah tingkat SMA/MA/SMK di Lampung Timur tahun 2015 berada di bawah rata-rata nasional. Jadi kalau tidak ada gangguan listrik saja nilai mereka anjlok, apalagi kalau siswa peserta UN terganggu karena listrik sering padam,” ujarnya.
Dwita menyebutkan bahwa Pendidikan merupakan input sekaligus output dari sebuah pembangunan ekonomi, oleh karenanya, pemerintah Provinsi Lampung harus menjamin pada saat UNBK tidak ada pemadaman listrik.
“Kalau saat UN listrik padam, siswa tidak bisa belajar secara optimal. Bagaimana pendidikan Lampung akan maju, kalau listrik sering padam. Jadi jelas bahwa permasalahan listrik harus ditangani secara serius. Baik itu diantisipasi maupun solusinya” kata istri dari ketua Gerindra Lampung Gunadi Ibrahim itu.
“Kasian siswa kalau harus memikirkan listrik. Tentunya hal tersebut akan jadi beban psikologis bagi peserta UN,” pungkasnya. (adi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *