20 views

Mahasiwa Darmajaya Ciptakan Software Pendeteksi Sel Darah Merah

HARIANFOKUS.COM-Kemajuan teknologi informasi memberi manfaat bagi masyarakat untuk berbagai bidang, termasuk kesehatan. Hal ini membuat mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Adi Sutrisno berinisiatif mengaplikasikan kemampuan teknologinya dengan menciptakan software pendeteksi dan penghitungan jumlah sel darah merah.

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika ini menggunakan metode segmentasi citra (gambar foto) dan canny dalam mendeteksi serta menghitung jumlah sel darah merah, baik sel darah normal maupun abnormal. Aplikasi ini dibuat berdasarkan penelitiannya di UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Lampung.

Adi mengatakan, sebelum menggunakan aplikasi, user (pengguna) terlebih dahulu mengambil foto sampel citra sel darah merah dari mikroskop perbesaran 1000x. Kemudian, foto tersebut dimasukan kedalam software dengan format jpg dan ukuran 448×336 piksel. “Software nantinya akan memproses citra sel darah merah dan menampilkan citra hasil segmentasi. Jumlah piksel citra yang diinputkan dan keterangan tentang sampel menunjukkan keadaan kekurangan atau kelebihan sel darah berdasar acuan,” kata Adi dalam rilis yang harianfokus.com, Rabu (30/3)

Mahasiswa kelahiran 14 September 1993 itu melanjutkan, untuk pemeriksaan darah secara lengkap, pihak medis biasanya menggunakan mesin hitung. Namun, mesin tersebut memiliki keterbatasan ketika terdapat sel yang abnormal. Selain itu, pemeriksaan juga dapat dilakukan secara mikroskopik yang akan memberikan informasi mengenai sel darah merah abnormal dan variasi bentuk eritrosit. Tapi, perhitungan secara manual ini membutuhkan waktu yang relatif lama.

“Diharapkan aplikasi ini nantinya dapat bermanfaat bagi pihak atau instansi kesehatan. Selain mengefisiensi waktu pengecekan sel darah merah normal dan abnormal, aplikasi ini juga memperkecil kesalahan diagnosa oleh manusia (meminimalkan human error),” ujarnya.(ayn)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *