20 views

Komunitas Remaja Unik Yang Berdampak Positif

CosplayHARIANFOKUS.COM Setiap orang pasti mengenal adanya kartun atau anime, tayangan serial televisi yang biasanya berceritakan tentang kisah super hero ini banyak digemari anak-anak. Tidak hanya anak-anak, tak jarang juga dari kalangan remaja hingga dewasa tetap menggemari film dan tokoh kartun ini.Beberapa tahun belakangan ini dikalangan remaja sedang marak istilah Cosplay, yakni istilah yang berasal dari gabungan kata costume (kostum) dan play (bermain).

Cosplay adalah hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, hingga film kartun. Kegemaran ini juga merambah hingga kota Bandar Lampung. Salah satu komunitas Cosplay yang bernama Shigoto kerap menampilkan karya cosplay mereka keberbagai event.

Ketua Shigoto yakni Christian memaparkan awalnya komunitas ini terdiri dari segelintir orang “ Awalnya komunitas ini baru berjumlah depalan orang dengan hobi yang sama yaitu ngefans dengan karakter anime. Nama Shigoto sendiri diambil dari bahasa jepang yang berarti berkarya,” paparnya saat ditemui dalam sebuah event di Plaza Lotus. (06/04)

Komunitas Shigoto yang berdiri sejak tahun 2015 lalu ini, kini sudah memiliki anggota sejumlah 38 orang. Christian juga mengatakan komunitasnya membuka ruang bagi siapapun pecinta anime untuk bergabung dan juga komunitasnya sangat senang bila undang keberbagai event atau acara walau tanpa dibayar sekalipun.

“Kami sangat senang bagi siapapun yang mau bergabung di komunitas kami, karena kita dapat menjalankan kegiatan yang postitif serta dapat bertukar fikiran seputar dunia cosplay. Jika ada pihak yang ingin mengundang komunitas kami tidak perlu menyiapkan dana bayaran, karena dengan kami dapat diberikan wadah pertunjukan karya kami, itu sudah sangat membantu,” ujar Christian.

Salah satu cosplayer yang tergabung dalam Shigoto yakni Alena mengatakan dirinya mendapat banyak pengalaman saat berada di komunitas dan lebih kreatif. “Kesan ikut komunitas cosplay ini menyenangkan apalagi semuanya dibangun dengan cara kekeluargaan. Kami juga jadi lebih bisa mengeluarkan kreatifitas untuk merancang kostum anime sehingga mirip dengan aslinya,” pungkasnya. (SDM)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *