5 views

100 Guru SD di TUBA Ikuti Seminar Sosialisasi Bahasa Indonesia

Harianfokus.com – Seratusan Guru Pendidik Sekolah Dasar (SD) Se-Kabupaten Tulang Bawang mengikuti kegiatan sosialisasi dan penyuluhan Bahasa Indonesia bertempat di Aula Hotel Sarbini, Kecamatan Menggala, kamis (7/4). Kegiatan ini diadakan oleh Kantor Bahasa Indonesia Provinsi Lampung dengan tujuan agar menghasilkan Guru yang berkompeten.

Pada kesempatan itu, Muhammad Isnaini yang merupakan Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan bahwa dengan peserta sebanyak kurang lebih seratus Guru SD, merupakan hal yang patut untuk disyukuri. Kegiatan ini juga lanjutnya, dapat terlaksana dengan baik dan lancar dengan peran serta UPTD, Dinas Pendidikan dan UPTD Unit II yang saling berkoordinasi dengan baik demi meningkatkan SDM Guru, khususnya Guru Bahasa Indonesia.

“Alhamdulilah kegiatan sosialisasi dan penyuluhan Bahasa Indonesia ini bisa berjalan dengan lancar, sesuai dengan apa yang diharapkan, dengan tidak adanya kendala apapun, artinya kita semua telah persiapkan dengan sebaik-baiknya, sebelumnya,” ujar Muhammad Isnaini.

Dijelaskan selanjutnya, kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia bagi Guru SD tersebut, dilaksanakan selama tiga hari, terhitung dari hari kamis 7 April, hingga penutupan hari Sabtu 9 April tahun 2016. Kegiatan tersebut diikuti 100 Guru SD yang meliputi SD negeri, SD Swasta, dan Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Kabupaten Tulang Bawang.

“Selama tiga hari semua peserta akan diberikan berbagai macam materi, antara lain seperti pembelajaran kebijakan bahasa Indonesia, ejaan, bentuk, pilihan bahasa, dan apresiasi sastra. Kesemua itu diiharapkan selama tiga hari peserta dapat  memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan nantinya akan dengan mudah dapat di aplikasikan kepada masing-masing Siswa disekolah yang mereka didik,” Harap Muhammad.

Lebih Lanjut Muhammad menuturkan, melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan Bahasa Indonesia, dapat mencapai tujuan kegiatan, yakni mensosialisasikan bagaimana berbahasa dengan baik dan benar,  sehingga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan sikap positif Guru dalam mengajarkan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pendidikan.

“Guru tersebutlah, yang tiap harinya bertemu dan memberi pelajaran kepada siswanya maka dari itu sangat penting bagi para guru dalam berkomunikasi dengan baik dan benar, endingnya para siswa diharapkan dapat memahami apa yang disampaikan para pendidik,” Terang Muhammad.

Diharapkannya lagi, untuk kedepannya, dalam jangka waktu yang singkat, para guru SD yang berada di Kabupaten Sai Bumi Nengah Nyapur sudah dapat menggunakan tata tertib dalam berbahasa dan bisa menyampaikannya secara baik.

“Sementara untuk jangka panjangnya bertujuan agar dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangga berbahasa Indonesia, dengan benar, baik dilingkungan sekolah ataupun dirumah, terutama kepada masyarakat luas,” Tuturnya. (saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *