Uang Makan Pegawai Tuba Dialihkan

HARIANFOKUS.COM- Pemerintahan Kabupaten Tulangbawang resmi mengalihkan uang makan pegawainya yang berbentuk nasi catering meskipun sudah di plot di post anggaran keuangan. Pemkab mengalihkan post anggaran tersebut ke bentuk tunjangan kepada pegawainya sesuai saran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Lampung.

Selain saran BPK Provinsi Lampung, pengalihan post uang makan tersebut dikuatkan atau merujuk Peraturan Menteri Keuangan No 22/PMK.05/2007 tentang sistem regulasi prosedur permintaan, pemberian dan tata cara untuk melakukan pembayaran uang makan bagai para pegawai negeri sipil, maupun honorer, yang dianggap lebih baik diberikan dalam bentuk atau disatukan pada tunjangan gaji pegawai.

“Harus diketahui dan perlu diluruskan, Pemerintah Tuba tidak pernah mengahapus post anggaran uang makan pada tahun 2016 ini, hanya saja dana itu tidak lagi dicairkan dengan sistem lama, tidak ada penghapusan total, melainkan, tata cara pemberiannya yang dilakukan secara berbeda, jadi saya jelaskan Pemerintah Tuba tidak menghapus, tapi merubah prosedur tata cara pemberiannya kepada para pegawai,” ungkap Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tuba, Rustam Efendi mengaklarifikasi rumor negatif tentang penghapusan uang makan pegawai, Kemarin.

Diterangkannya, anggaran uang makan pegawai tetap ada dan telah di plot, namun dialihkan dalam bentuk tunjangan dana pegawai.

“Pemerintah Tuba sadar taat hukum dan ikut peraturan, instruksi, baik itu dari BPK maupun merujuk dari Perpres, Permen, Pergub atau Perbub, selagi dapat dijalankan tidak menyalihi aturan, dengan melihat kepentingan umum mengapa tidak dilakukan, begitu pula mengenai anggaran makan catering, sarannya untuk dilakukan pemberian secara berbeda dengan dimasukkan melalui tunjangan gaji pegawai,” terangnya. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *