Penyidik KPK Periksa Bupati Tanggamus Terkait Dugaan Gratifikasi

HARIANFOKUS.COM – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Bupati Tanggamus, Bambang Kurniawan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Kemiling, Kamis (14/4). Bambang diperiksa terkait dugaan gratifikasi terhadap  anggota DPRD Tanggamus.

Berdasarkan pemantauan harianfokus.com,  di SPN Kemiling, Bambang sudah diperiksa penyidik KPK sejak pagi. Dia mengenakan baju batik warna cokelat dan celana panjang hitam.

Yang menarik, Bupati Tanggamus itu  sempat melambaikan tangan ke wartawan saat akan masuk ke ruang pemeriksaan. Namun para jurnalis itu belum bisa mewawancarai Bambang karena tidak diperkenankan mendekat ke ruang pemeriksaan.

Sebagaimana diketahui, Bambang diduga memberikan sejumlah uang kepada para anggota DPRD Tanggamus usai pengesahan APBD tahun 2016 pada Desember 2015 lalu.

Para anggota DPRD yang menerima uang pemberian Bambang itu ternyata melapor ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka melapor telah menerima sejumlah uang dari bupati lalu menyerahkan uang itu ke Direktorat Gratifikasi KPK.

Wartawan mengantongi nama dan tanda bukti penyerahan uang ke KPK oleh 13 anggota DPRD Tanggamus. Ke-13 orang itu adalah Agus Munada, Nursyahbana, Heri Ermawan, Baharen, Herlan Adianto, Sumiyati, Fahrizal, Tahzani, Kurnain, Ahmad Parid, Tri Wahyuningsih, Hailina, dan Diki Fauzi.

Jumlah yang diserahkan para legislator itu bervariasi. Agus menyerahkan Rp 65 juta, Nursyabana Rp 40 juta, Heri Ermawan Rp 30 juta, Baheran Rp 64,8 juta, Herlan Adianto Rp 65 juta, Sumiyati Rp 38,6 juta.

Selanjutnya, Fahrizal Rp 30 juta, Tahzani Rp 29,9 juta, Kurnain Rp Rp 40 juta, Ahmad Parid Rp 30 juta, Tri Wahyuningsih Rp 30 juta, Hailina Rp 30 juta dan Diki Rp 30 juta.
Total yang diserahkan ke KPK berjumlah Rp 523.350.000.

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa beberapa anggota DPRD Tanggamus, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Kemiling, Rabu (13/4).

Pemeriksaan tersebut terkait dugaan kasus gratifikasi oleh Bupati Bambang Krniawan  terhadap para anggota DPRD. (AYN)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *