13 views

Kampung Terisolir yang Sejuta Potensi

HARIANFOKUS.COM- Kampung Sungai Burung Kecamatan Dente Teladas merupakan salah satu kampung berada di Kabupaten Tulangbawang dengan sejuta potensi. Namun, kampung yang memiliki sekitar 1.350 jiwa dengan luas wilayah 5.519 Ha ini kurang diperhatikan pemerintah setempat, sehingga menjadikan kampung ini menjadi kampung yang terisolir.

Penduduk Kampung Sungai Burung Dente Teladas yang menggantungkan hidupnya dari hasil sumber daya laut atau sebagai nelayan dan tambak ini perlu waktu 4-5 jam dari Pemerintahan setempat untuk berpergian ke kampung pecahan dari Bratasena.

Sebagai daerah pesisir tentu banyak sekali potensi-potensi yang dapat dikembangkan. Bahkan1, berdasarkan penelusuran wartawan harianfokus.com, ratusan juta uang berputar setiap harinya. Para nelayan dapat menghasilkan berton-ton hasil tangkapnya yang dijual ke luar daerah bahkan, sampai ke luar negeri. Namun potensi yang luar biasa ini tidak dibarengi dengan fasilitas dan infrastuktur yang memadai.

Misalnya jalan, jalan menuju kampung ini termasuk rusak parah, bahkan warga yang ingin berkunjung ke kampung ini harus naik perahu, karena memang jalannya rusak bahkan putus. Belum lagi masalah penerangan, masyarakat kampung ini masih menggantukan kebutuhan listriknya kepada pihak swasta, tentu bayarannya juga lebih mahal.

Menurut M. Jamal, Kepala Kampung Sungai Burung yang ditemuai dikediamannya kemarin, (17/4), mengatakan bahwa kampung yang dipimpinya sejak tahun 2012 lalu, adalah pemukiman kampung nelayan.

“Namun saya berharap seiring berjalannya zaman, kedepan nantinya kampung kami ada campur tangan pemerintah.  Dalam hal in dapat bersama-sama menggali potensi laut dan pengembangan wisata alam, mengingat Kampung Sungai Burung adalah kampung yang kaya akan potensi biota laut dan pemandangan yang amat indah,” ungkapnya.

Dilanjutkan M. Jamal, setidaknya Pemkab Tuba dapat menggiring investor lokal maupun asing untuk membangun usaha, guna mengembangkan potensi-potensi yang ada di Kampung Sungai Burung.

“Coba dipikir dengan masuknya investor, Kampung Sungai Burung kedepan akan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tuba, selain itu pula dipastikan dengan sendirinya lingkungan Kampung Sungai Burung akan terbangun, bahkan lapangan pekerjaan guna peningkatkan tarap hidup masyarakat setempat akan terus meningkat dan terjamin,” ujarnya. (saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *