1 views

Kemenpora Terus Usahakan Penggalangan Dana Dukung Rio

HARIANFOKUS.COM Pembalap kebanggan rakyat Indonesia yakni Rio Haryanto masih terus memerlukan dukungan moril maupun materil lebih banyak lagi karena meski sudah menjalani tiga seri balapan F1, Rio Haryanto masih belum penuh membayar ke Manor.

Pasalnya, dari kewajiban membayar dana sekitar 15 juta euro, Rio baru menyetor uang muka 3 juta euro plus 2,25 juta euro yang didapat dari Pertamina sebagai sponsor tunggalnya sejauh ini. Pertamina sendiri menjanjikan 5 juta euro namun sisa kekurangan akan dibayar setelah tiga seri yakni di GP China.

Sampai saat ini pun Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) masih terus mencari cara untuk membantu Rio. Kemenpora telah berupaya membantu Rio termasuk menggaet Kementerian Komunikasi (Kemkominfo) dan seluruh operator lokal untuk melakukan penggalangan lewat Short Message Service (SMS) donasi untuk Rio Haryanto hingga 17 Juli mendatang. Namun itupun nampaknya tidak bisa diharapkan terlalu banyak, terlebih melihat kecenderungan masyarakat yang sudah banyak meninggalkan fasilitas SMS tersebut.

Dikutip dari detiknews.com, Deputi IV Peningkatan Prestasi Olahraga, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan masih mencari celah-celah yang dapat membantu Rio. “Belum ada perkembangan lebih lanjut. Dari sejumlah BUMN yang kami dekati, belum ada respon yang signifikan. Terakhir Garuda hanya sanggup reimburse di tiket, sementara Rio butuhnya dana segar,” ujar Gatot di Kantor Kemenpora Senayan, Kamis (21/4/2016).

Gatot pula melanjutkan “Kami sudah mencoba untuk mendekati yang lain, termasuk berkomunikasi langsung dengan Direktur Utama Telkomsel agar ikut bantu secara signifikan karena sebelumnya mereka pernah menjadi sponsor tunggal Rio di GP2. Telkomsel akan mempertimbangkan, hanya saja waktu yang ada sudah bergulir cepat. Masalah Rio ini adalah masalah yang serius dan genting,” sambungnya.

Terkait soal donasi melalui SMS yang sudah mulai dilakukan. Menurut Gatot, pihaknya tidak bisa berharap banyak. Meski membantu tapi tidak dalam kapasitas menutupi kekurangan dana sponsor Rio. “Poinnya adalah berapapun donasi yang terkumpul tetap akan kami sumbangkan kepada Rio. Tapi jangan membayangkan ini akan menutupi kekurangan dana Rio,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Gatot menyebut pemerintah sampai saat ini masih berpegang pada ucapan Manor yang menyebut Rio akan membalap semusim penuh. “Sejauh ini yang kami pegang adalah ucapan itu. Tidak ada kata-kata bahwa akan race hanya sampai setengahnya. Tetapi kan kami tahu diri. Ibu Indah Pennywati (Ibunda Rio) mengatakan seminggu yang lalu bahwa kondisi ini agak mengkhawatirkan.” pungkasnya. (Sdm)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *