3 views

GIL dan Unisab Gelar Sosialisasi Budaya Lampung

HARIANFOKUS.COM-Gamolan Institute Lampung (GIL) dan kelompok kuliah kerja nyata (KKN) XIII A Universitas Saburai Bandar Lampung menggelar sosialisasi budaya Lampung ke Kabupaten Pesawaran. Menurut Ketua GIL Novellia Yulistin Sanggem, sosialisasi budaya kali ini bertujuan memperkenalkan alat musik tradisional khas Lampung yaitu Gamolan.

“Pada sosialisasi kali ini, kami bersinergi dengan mahasiswa Universitas Saburai dan masyarakat di Kabupaten Pesawaran,” kata Novellia kepada harianfokus.com melalui pesan elektronik, Senin, (25/4).

Sosialisasi gamolan tersebut digelar di Desa Kunyaian, Kecamatan Marga Punduh, Pesawaran, Sabtu (23/4) lalu. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh sejumlah mahasiswa Universitas Saburai yaitu Wilian Adi Putra, Husni Razak Harahap, Andi Sulfikar, Dahlia, Halimatus Sakdiah, Tri Dwi Santoso dan Imam Santoso.

“Acara dihadiri langsung oleh Kepala Desa Kunyaian Okta Resvita Safitri bersama muli mekhanai di sana,” kata Novellia.

Pada kesempatan tersebut Novelia memberikan materi tentang gamolan sebagai alat musik prasejarah dari Lampung yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan budaya tak benda.

“Cita-cita kami agar alat musik ini diakui dunia dan tercatat di Unesco. Namun kami tidak bisa sendirian, harus ada peran serta seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, saya berharap, setelah ini, di Desa Kunyaian turut serta melestarikan dan mengembangkan gamolan,” tutupnya. (ayn).

 

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *