Surga Tersembunyi Jogja

KEDUNGKANDANG2HARIANFOKUS.COM – Mungkin nama Air Terjun Kedung Kandang masih asing ditelinga kita semua. Namun siapa sangka air terjun yang satu ini merupakan salah satu surga alam Indonesia yang keindahannya diluar imajinasi manusia. Air terjun Kedung Kandang memiliki keunikan dibandingkan air terjun pada umumnya. Air terjun ini memiliki 6 tingkatan dan terletak di area persawahan penduduk, memberikan kesan yang sangat alami dan natural di mata pengunjung.

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang berada di dusun Gunungbutak, desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Letaknya yang tidak jauh dari embung dan gunung api purba nglanggeran membuat air terjun ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan.

Lokasi wisata ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah maupun pengelola wisata. Sampai saat ini air terjun Kedung Kandang hanya dikelola oleh Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul sehingga fasilitas yang disediakan pun terbatas. Hanya terdapat lapangan voli yang berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan dan rumah – rumah warga sebagai tempat penitipan dan tempat menjual makanan ringan.

Terdapat jalur tracking sepanjang 800 meter menuju lokasi air terjun yang menawarkan berbagai pemandangan alami seperti gunung, bukit, sungai, bebatuan besar, serta area persawahan. Disaranakan membawa perbekalan seperti minuman ketika melalui jalur tracking tersebut dikarenakan jalur yang masih alami berupa tanah yang dapat dipastikan dapat menguras tenaga para pengunjung.

Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun musiman, yang berarti air terjun ini hanya akan muncul pada musim tertentu. Disarankan pengunjung untuk berwisata pada saat musim penghujan dikarenakan air terjun Kedung Kandang akan mengering pada musim kemarau.

Dikarenakan belum ada pengelola secara resmi, lokasi wisata ini pun tidak meminta biaya retribusi untuk masuk, hanya terdapat kotak sukarela untuk membantu biaya keamanan parkir.

Bagaimana traveler, tertarik untuk mengunjungi surga di alam Jogja ?(IRZ)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *