Sarjana Muda Harus Lebih Jeli Melihat Peluang Kerja, Dianjurkan Buka Lapangan Usaha

HARIANFOKUS.COM- Terus bertambahnya lulusan sarjana, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta, menyebabkan persaingan mendapatkan kerja makin ketat. Pemerintah meminta lulusan berinovasi mengembangkan kemampuan sesuai bidang keilmuannya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Teresia Sormin, menegaskan pemerintah tidak bisa menjamin para sarjana mendapatkan pekerjaan. Ia mengimbau lulusan lebih jeli melihat peluang kerja, bahkan menciptakan usaha.

“Saat ini banyak peluang investasi di Lampung, tinggal bagaimana kalian memanfaatkannya,” kata Teresia, usai menghadiri sidang senat terbuka dalam rangka pengukuhan wisudawan sarjana (S-1), program pascasarjana (S-2), dan doktor (S-3) periode I 2016 di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lampung, Kamis (28/4).

Menurut dia, di masa mendatang makin banyak peluang kerja yang tercipta. “Lulusan IAIN Lampung terbaik hari ini IPK-nya mencapai 3,88. Mudah-mudahan dapat bersaing mendapatkan pekerjaan terbaik,” kata dia.

Rektor IAIN Lampung, M Mukri, menyebutkan jumlah wisudawan yang dikukuhkan sebanyak 642 mahasiswa. Wisudawan terdiri dari 525 sarjana, 112 magister, dan 5 doktor.
Pengukuhan tersebut diharapakan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Lampung melalui implementasi ilmu dan pengetahuan. “Ilmu yang dimiliki tidak bermakna tanpa integritas,” kata dia.

Mukri mengimbau mahasiswa yang masih belajar untuk segera menyelesaikan studinya. Mulai tahun ini, IAIN menerapkan sistem drop out (DO) bagi mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan studi tepat waktu. (ayn)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *