BLHD Tuba Akan Terapkan Layanan Perizinan Lingkunan Berbasis Online

HARIANFOKUS.COM-Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Tulangbawang (Tuba)berencana segera membuka sistem pembuatan perizinan lingkungan secara online. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan jasa pelayanan yang nantinya meringankan pihak tertentu, baik itu perusahaan atau calon pembuat izin yang berada di luar kabupaten setempat.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala BLHD Tuba, Elsafri Pahrizal, yang ditemui diruang kerjanya beberapa waktu yang lalu. Dia berharap inovasi tersebut nantinya berdampak positif terhadap masyarakat Tuba kedepanya.

“Rencanaya nanti mulai melakukan sistem pelayanan online. Melalui pelayanan secara online ini, masyarakat luas atau perusaan yang berurusan administrasi dengan BLHD, terkait usulan rekomendasi perizinan lingkungan lebih dipermudah. Masyarakat hanya cukup terhubung dengan jaringan internet dari rumah atau dari mana saja, kemudian mendaftar dan mengajukan permohonan surat-surat yang dimaksud,” terangnya.

Selain itu, dia berharap dengan diterapkannya sistem pelayanan berbasis online tidak ada lagi alasan untuk tidak mengurus surat izin.

“Secara rinci bagaimana metode sistem pelayanan online yang akan diterapkan nantinya saya belum jelas, namun saya optimis bahwa inovasi ini nantinya dapat berjalan, yang jelas pelayanan publik atau pelayanan apapun pada masyarakat harus cepat, transfaran, murah dan tidak bertele-tele,” ungkapnya.

Maka dari itu, Elsafri pada kesempatan ini, ia mengajak agar masyarakat Tuba dari berbagai element lainnya agar dapat bekerja sama untuk mensuskseskan rencana pelayanan BLHD Tuba untuk pembuatan perizinan dengan sistem online. Menurut dia, jika sistem itu dapat berjalan maka akan ada beberapa keuntungan pelayanan yang dapat diraih, termasuk waktu pembuat izin lebih efesien, kemudian yang bersangkutan dapat langsung mengakses tampa melalui pihak-pihak lain.

“Mari kita bersama-sama menjadikan sistem layanan Online BLHD Tuba, dapat berjalan suskses nantinya ini lebih baik lagi dan semakin maju kedepannya, demi mewujudkan Kabupaten Tuba bermartabat dan sejahtera,” ucap Elsafri.

Sementara terkait sistem pelayanan online yang rencananya akan diberlakukan dalam waktu dekat ini kedepan, Elsafri menyatakan pihaknya akan mempersiapkan hal-hal terkait pelayanan berbasis online. Untuk model pelayan online yang akan diterapkan di BLHD, pihaknya belum bisa memastikan yang jelas merujuk Pasal, 109.UU.No.32, tahun 2011 telah diatur.

“Untuk model atau konsepnya seperti apa, akan kita kaji dulu. Tapi yang jelas, pelayanan yang akan diterapkan sudah berbasis online, dan tujuannya untuk mempermudah, bukan untuk mempersulit,” tandasnya. (saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *