Nimbang Harapkan BPAD Tuba jadi Tife C

HARIANFOKUS.COM- Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD)Kabupaten Tulangbawang (Tuba) Nimbang Marga, berharap perpustakaan di daerah tersebut dapat ditingkatkan menjadi perpustakaan tipe C. Mengingat tingginya anima masyarakat setempat dalam membaca.

Menurut Nimbang Marga, demi memperluaskan wawasan dan pengalaman, masyarakat dan pelajar di Kabupaten Tuba tidak mengenal hari libur untuk mengunjungi perpustakaan.

“Baik masyarakat maupun pelajar yang ada di kampung-kampung, meskipun hari libur tetap mengunjungi perpustakaan. Katanya mereka, dengan membaca-baca buku yang ada diperpustakaan akan menambah wawasan dan pengalaman. Oleh karena nya, kedepan kami berupaya dan berharap perpustakaan di Kabupaten Tuba ini minimal dapat ditingkatkan menjadi perpustakaan tife C,” kata Nimbang kepada harianfokus.com belum lama ini.

Nimbang menerangkan, dari 151 Kampung/Kelurahan yang ada di Kabupaten Tuba, sebanyak  53 perpustkaan kampung telah ada di kabupaten tersebut.

“Untuk 53 perpustakaan kampung ini, tempatnya ada di masing-masing kantor maupun balai kampung, dan untuk Sumber Daya Manusia (SDM) nya dari Kantor Perpustakaan dan Arsip inilah yang melakukan pembinaan. Selanjutnya, bagi kampung – kampung yang belum memiliki perpustakaan, itu kita kelilingi pakai mobil perpustakaan,” terangnya.

Dijelaskan Nimbang Marga, adanya 53 perpustakaan kampung di Kabupten Tuba, lantaran mendapatkan bantuan hibah dari provinsi setempat.

“Dan bantuan Hibah itu, terakhir dibantu oleh Provinsi pada tahun 2013. Adapun banyaknya bantuan tersebut, sebanyak 5 ribu exsemplar buku yang diperuntukkan untuk 5 perpustakaan kampung di kabupaten ini,” ucapnya.

Selain itu, dia juga menambahkan,  perpustakaan Tuba merupakan perpustakaan nomor 1 di Provinsi Lampung. Selain buku yang cukup lengkap, fasilitas seperti layanan internet juga disediakan.

“Kita nomor satu di Provinsi Lampung, karena perpustakaan kita yang ada di kampung, memiliki jaringan internet. Dan nama perpustakaan tersebut adalah, Perpustakaan Anugerah yang terletak di Kampung Dwi Mulyo, Kecamatan Penawar Tama. Maka itulah besar harapan dalam upaya kami, untuk menjadikan perpustakaan di Tuba minimal menjadi perpustakaan tife C,” tandasnya.(saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *