2 views

DP2K Tuba Bantu Petani Berantas Hama

HARIANFOKUS.COM- Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (DP2K) Kabupaten Tulangbawang baru-baru ini kian gencar untuk membantu petani untuk memberantas hama yang menyerang tanaman petani diwilayah tersebut,Senin, (9/5).

Kepala Dinas DP2K Kabupaten Tuba, Nurmansyah Rani, yang didampingi langsung oleh Sekretarisnya, Budi Sutomo, menjelaskan bahwa pihaknya melalui Petugas Pengamat Organisme Tanaman (PPOT) akan terus melakukan pengamatan tanaman petani jika ada yang terserang hama.

“Hal itu didasarkan dari laporan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di Tuba, dan Kami melalui petugas pengamat organisme tanaman (PPOT) yang bertugas meninjau tanaman petani jika ada yang terserang hama,” kata dia saat ditemui diruang kerjanya.

Jika ada laporan kita terkait hama, Nurmansyah memastikan pihaknya akan segera bergerak cepat untuk menindaklanjuti persoalan tersebut.
“Selain itu pula kita juga ada stok pestisida untuk dimanfaatkan petani, ini diberikan cuma-cuma kepada petani guna memberantas hama yang menyerang tanaman mereka,” ungkapnya.

Dalam bentuk pestisida itu, lanjut Budi Sutomo, jika Gapoktan cepat melapor pada saat ada tanaman mereka yang terserang hama, pihaknya berjanji akan segera memberikan pembinaan dan penyuluhan dalam pemberantasan hama yang meresahkan tersebut.

“Tapi karena stok pestisida terbatas, jika habis, ya terpaksa harus nunggu kiriman dari Provinsi, jadi maksudnya, sebelum hama itu semakin menyebar dan meluas, kita harus cepat dan tanggap, sehingga sebelum masalah meluas dan cukup banyak tanaman yang terserang kita bisa mengatasinya, dan pada akhirnya pestisida tidak terlalu banyak yang butuhkan,” tandasnya. (saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *