13 views

Dispenda Tulangbawang Upayakan Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah Sektor Pajak Air Tanah

 

HARIANFOKUS.COM- Dalam rangka mengoptimalkan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah dari Sektor Pajak Daerah, Dinas Pendapatan Kabupaten Tulangbawang  pada tahun 2016 ini terus senantiasa mencari langkah-langkah efektif agar realisasi penerimaanya meningkat. Salah satuheri bukti diantaranya adalah dengan melaksanakan sosialisasi pajak daerah kepada masyarakat untuk selaku wajib pajak.

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa saat ini Dispenda Kabupaten Tuba juga sedang berupaya untuk meningkatkan penerimaan PAD dari sektor Pajak Air Tanah, dimana sektor ini cukup sentral, penting dan vital. Sebab hal ini adalah sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tuba, serta juga dikarenakan masih dimungkinkan adanya objek pajak air tanah yang belum diakomodir diwilayah Kabupaten Tuba, sehingga sangat amat disayangkan jika tidak tercapai.

“Oleh sebab itu, sektor ini akan terus kita gali secara optimal, supaya dapat menambah PAD Kabupaten Tuba,” ungkap Kadispenda Kabupaten Tuba, Abdul Wahab, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa, (10/5).

Terlebih itu, Lanjut Abdul Wahab, pada Tahun Anggaran 2016 ini, Pemkab Tuba telah menargetkan penerimaan dari sektor Pajak Air Tanah sebesar Rp.700.000.000,- (tujuh ratus juta rupiah). Untuk itu, diperlukan kerja keras dan kerjasama dengan pihak terkait dan seluruh wajib pajak agar target pajak air tanah dapat terealisasi sesuai harapan di tahun 2016.

“Guna mendukung hal tersebut, Dispenda Tuba kini telah menambah UPTD dari 5 UPTD menjadi 9 UPTD untuk optimalisasi pengelolaan pajak daerah di 15 kecamatan se-Kabupaten Tuba. Sehingga diharapkan dari beberapa UPTD tersebut dapat difokuskan untuk menggali potensi pajak daerah terkhususnya pajak air tanah diwilayah yang berpotensi, seperti di Kecamatan Banjar Agung, Banjar Margo, Menggala, Penawartama, Dente Teladas dan Rawa Jitu Selatan,” terangnya.

Lebih difokuskan lagi ke beberapa kecamatan-kecamatan tersebut, tambahnya semua disebabkan karena sudah diketahui sebagai beberapa kecamatan yang cukup besar dan populasi penduduknya yang tinggi. Maka untuk mendongkrak penerimaan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Tuba akan mulai dioptimalkan.

“Menggali dan meningkatkan penerimaan pajak tidaklah mudah, namun tidak terlalu sulit, yang penting bagaimana caranya personil kita mampu melakukan pendekatan secara persuasif dan memberikan pemahaman kepada wajib pajak tentang pentingnya pajak daerah bagi kemakmuran masyarakat,” ucap pria yang akrab disapa Kyai Wahab.

Namun tetapi, tak lupa Kepala Dispenda Tuba ini juga mengatakan bahwa semua keinginan pencapain tersebut akan dapat teralisasi jika masyarakat dan seluruh sektor terkait dapat mengikuti segala peraturan yang telah ditetapkan.

“Saya berharap, demi tercapainya target yang telah targetkan tersebut, semua pasti butuh dengan yang namanya kerja sama seluruh lintas sektoral terkait, maka dari itu dengan potensi yang ada, dan demi kemajuan pembangunan Kabupaten Tuba, diharapkan agar masyarakat untuk selaku wajib pajak harus wajib pajak, terkhus lagi disektor Pajak Air Tanah,” tandasnya. (saidi).

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *