8 views

Lampu Air Laut Juarai Lomba Teknologi Tepat Guna

HARIANFOKUS.COM- Lampu air laut karya siswa SMA YP Unila menjuarai Lomba Teknologi Tepat Guna yang digelar Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer dan Teknik Komputer IBI Darmajaya.
Ketua Pelaksana lomba Efrian, Doni Septian di Bandarlampung, Rabu (11/5), menjelaskan Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) ini merupakan salah satu dari rangkaian acara IT Development yang digelar Hima Stekom IBI Darmajaya untuk memeriahkan Dies Natalis IBI Darmajaya ke-19.
Menurutnya, selain Lomba Teknologi Tepat Guna, kegiatan IT Development juga dimeriahkan dengan Workshop Go Open Source, lomba mini drone dan multicopter tingkat pelajar se-Provinsi Lampung.
Pada Lomba Teknologi Tepat Guna itu, hasil karya siswa SMA YP Unila mampu menyisihkan beberapa peserta lainnya dari berbagai SMA/SMK se-Lampung.
Vie Resita Irena, siswa SMA YP Unila itu mengungkapkan, lampu berbahan dasar air laut tersebut dirancang untuk membantu masyarakat yang resah karena sering terjadi pemadaman aliran listrik PT PLN.
Selain itu, lampu ini juga bermanfaat bagi nelayan sebagai penerangan saat berada di kapal. Sistem lampu ini terdiri dari larutan elektrolit yaitu air garam, dan dua elektroda. Ketika elektroda ditempatkan dalam elektroliit, energi mampu mengidupkan lampu.
Dalam lomba itu, juara II diraih SMK Muhammadiyah 1 Marga Tiga Lampung Timur dengan alat sistem elektronik kontrol dan energi sel matahari, dan SMK Swadipa 2 Natar Lampung Selatan dengan alat kontrol peralatan listrik untuk difabel sebagai juara III.
Efrian menyampaikan bahwa lomba tersebut untuk pertama kali digelar dan melibatkan tiga dewan juri berkompeten dalam menilai karya peserta.
Para juri itu adalah adalah dosen Jurusan Sistem Komputer dan Teknik Komputer Darmajaya Dodi Yudo Setiawan SI MTI, dan Jonizar SSi, serta perwakilan Lembaga Pelatihan Multi Teknologi Lampung Pujar Diki SKom.
Menanggapi lomba itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya IBI Darmajaya Muprihan Thaib SSos MM mengapresiasi dan mendukung perlombaan tersebut.
Dia berharap para peserta khususnya dari kalangan pelajar bisa termotivasi untuk berkreativitas, berinovasi dalam menciptakan sebuah alat karya teknologi yang bermanfaat besar bagi masyarakat.
“Selamat kepada para pemenang, dan peserta yang belum meraih kemenangan jangan berkecil hati . Semoga event ini memotivasi seluruh peserta untuk terus meningkatkan ilmu pengetahuannya, skill, serta mampu berpikir kreatif untuk menciptakan atau mengembangkan teknologi yang berguna bagi masyarakat dan bisa meraih prestasi pada event selanjutnya,” katanya pula. (ayn)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *