2 views

Percepatan Pembangunan, Dinas PU Bina Marga Mulai Lelang Paket Infrastruktur Jalan

 

HARIANFOKUS.COM- Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Tulangbawang mulai melakukan lelang paket proyek pada tahun di LPSE (Lembaga Pelelang Sistem Elektronik). Proyek yang akan dilelang sebanyak 50 paket yang sudah dimulai pada tanggal 13-18 Mei 2016.

Kadis PU Tuba, Ferly Yuledi didampingi sekretarisnya, Heriyanto mengatakan, lelang paket proyek untuk sementara di fokuskan pada bidang Bina Marga, yaitu peningkatan ruas jalan yang tersebar dibeberapa daerah.

“Ruas jalan ini adalah ruas jalan antar penghubung kecamatan dan antar kampung. Diperioritaskan pembangunan peningkatan ruas jalan ini merupakan salah satu penguatan dalam hal ekonomi,” kata dia kepada harianfokus.com, Jumat (1download9/5).

Menurut dia, selama ini produksi ekonomi kampung terhambat karena poros jalan yang tidak memadai. Dengan adanya, peningkatan ruas jalan ini diharapkan mampung mensupport perekonomian masyarakat dan juga mensupport penghasilan daerah.

“Ini sesuai semangat atau prioritas dari pak Hanan- Heri yang dituangkan dalam Gerakan Serentak Membangun Kampung (GSMK),” terangnya.

Dia menyarankan kepada kontraktor yang memenangkan tender agar bisa melaksanakan pengerjaannya dengan sebaik-baiknya.

Nah, siapapun pemenangnya nanti diharapkan mampu melakukan pengerjaan dengan maksimal,” ucapnya.

Dia juga memastikan akan terjun langsung memantau pengerjaan proyek disetiap pembangunan ruas badan jalan. Dia juga menegaskan akan melakukan sanksi terhadap kontraktor yang tidak melakukan pengerjaan sesuai prosedur.

“Tentu akan kami awasi pengerjaannya, dan dipastikan kami tidak akan berkompromi dengan kontraktor yang nakal terhadap pengerjaannya,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PU Kabupaten Tuba Haryanto menenambahkan, untuk melakukan­ pemerataan pembangunan setiap tahunnya,­ terlebih dahulu Dinas PU melakukan kegi­atan bersama dengan Bappeda Tuba. Dari situ , bisa diketahui apa saja yang dibutuhkan oleh masyara­kat yang nantinya akan dibahas ditingkat­ kabupaten guna dianggarkan pada APBD-p ­tahun 2016 maupun APBD tahun 2017 mendat­ang.

“Sistem jaringan jalan primer merupakan sistem jaringan jalan yang menghubungkan antarkawasan perkotaan, yang diatur secara berjenjang sesuai dengan peran perkotaan yang dihubungkannya. Untuk melayani lalu lintas menerus maka ruas-ruas jalan dalam sistem jaringan jalan primer tidak terputus walaupun memasuki kawasan perkotaan. Sistem jaringan jalan sekunder merupakan sistem jaringan jalan yang menghubungkan antarkawasan di dalam perkotaan yang diatur secara berjenjang sesuai dengan fungsi kawasan yang dihubungkannya, ” jelasnya.

Dinas PU tetap berkomitmen akan meninda­klanjuti usulan masyarakat tersebut deng­an membawa usulan tersebut dibahas serta­ digodog pada musrenbang kabupaten. Pengelompokan jalan dimaksudkan untuk mewujudkan kepastikunjungan1an hukum penyelenggaraan jalan sesuai dengan kewenangan pemerintah dan pemerintah daerah. Jalan umum menurut statusnya dikelompokkan ke dalam jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kota, dan jalan desa.

“Jalan dikelompokkan dalam beberapa kelas berdasarkan muatan sumbu yang ditetapkan berdasarkan fungsi dan intensitas lalu lintas guna kepentingan pengaturan penggunaan jalan dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan. Serta  daya dukung untuk menerima muatan sumbu terberat dan dimensi kendaraan beroda empat maupun roda dua,” ungkapnya.

Sehi­ngga kedepan pemerataan pembangunan di d­ibidang infrastruktur jalan dapat merata­ di setiap kampung yang tersebar di 15 k­ecamatan se-Kabupaten Tuba dan ­diharapkan tidak ada lagi kampung yang t­idak tersentuh pembangunan.

Terpisah, Bupati Tuba Hanan A Rozak menyampaikan ucapan terimakasih  dan apresiasi setingi-tingginya kepada semua pihakn yng telah memberikan kontribusi dan kinerjanya dalam pembangunan Tuba.

“Kita patut bersyukur atas dukungan semua pihak terkait, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini Kabupaten Tuba memperoleh berbagai penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional,” kata dia dengan singkat. (saidi)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *