7 views

Pemkab Tuba Adakan Safari Ramadhan

HARIANFOKUS.COM– Pemerintah Kabupaten Tulangbawang seperti biasanya setiap tiba bulan suci Ramadhan pasti mengadakan kegiatan Safari Ramadhan ke kampung-kampung yang ada di 15 Kecamatan se-Kabupaten Tuba. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara membagi sebanyak empat tim Safari Ramadhan, maka dari itu supaya untuk tidak menghilangkan tradisi tersebut ditahun 1437 Hijriah ini pemerintah setempat yang diakomodir melalui bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) akan melakukanya kembali, namun tidak seperti tahun sebelumnya, tahun ini pemerintah hanya membagi menjadi dua tim saja, dan masing-masing tim berjumlah sekitar 76- 81 anggota tim Safari Ramadhan, Kamis (9/6).

Setiap kecamatan nantinya akan ada dua masjid yang akan dikunjungi tim safari, titik pertama untuk dilaksanakan berbuka puasa bersama, sedangkan titik selanjutnya yakni untuk melaksanakan Sholat Tarawih bersama masyarakat.

Selain itu, dengan total keseluruhan sekitar 118 orang anggota tim Safari Ramadhan itu, selain berbuka puasa bersama, juga bertujuan untuk bersilaturahmi menemui masyarakat berkumpul di masjid, dan rencana Safari Ramadhan itu akan dimulai pada 13 Juni sampai dengan 30 Juni 2016.

Adapun tim yang pertama dikomandoi langsung oleh Bupati Tuba, Hanan A Rozak, sedangkan tim kedua dipimpin oleh Wakil Bupati Tuba, Heri Wardoyo, dan biasanya tim ketiga serta keempat biasanya dipimpin oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat beserta unsur Pimpinan DPRD ataupun dari Polres Tuba, namun tetapi pada tahun 2016 dilakukan perkecilan tim Safari Ramadhan.

Kabag Kesra Pemkab Tuba, Nono Sumirat Asmara, saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa pada pembagian tim Safari Ramadhan tahun 2016 ini hanya dibagi menjadi dua tim saja, dengan harapan ramadhan tahun ini dapat lebih terlihat meriah dan dirasakan semarak karena banyak jumlah dalam tim, pada setiap kunjungan di seluruh kecamatan.

“Tim sudah dibentuk, ada dua tim safari yang akan mengunjungi tiap kecamatan, dalam setiap tim beranggotakan Anggota Forkopimda, Pejabat Pemda dan Anggota DPRD, serta unsur aparat penegak hukum, baik TNI maupun Polri,” jelasnya.

Ditambahkan Nono Sumirat, untuk jadwal kunjungan safari perdana akan langsung dipimpin Hanan A Rozak dan Kapolres Tuba AKBP Agus Wibowo dipusatkan di Masjid Jami Ushuada Kampung Sukarame dan Masjid Thoriqul Jannah Kampung Bina Bumi Kecamatan Meraksa Aji.

Sementara untuk Tim II, yang diketuai oleh Wakil Bupati Tuba, Heri Wardoyo dan wakilnya Sekdakab Tuba Sobri, pada saat safari perdana agendanya akan melaksanakan safari di Kecamatan Gedung Aji baru tepatnya di Masjid Al Jannah Kampung Sidomukti dan Masjid Agung Kampung Makarti Tama.

Kepada harianfokus.com Wakil Bupati Tuba, Heri Wardoyo yang juga selaku Dewan Pembina Masjid Kabupaten Tuba, mengatakan bahwa nantinya tim akan melaksanakan Safari Ramadhan sesuai dengan jadwal dan tempat yang sudah ditentukan. Sehingga Safari Ramadhan yang dilaksanakan di 15 Kecamatan, dan kegiatannya dilakukan ditiap-tiap masjid yang ditetapkan oleh kepala kampung dan tim safari.

“Tim I terdiri dari Pak Bupati, Ketua Kejaksaan Menggala, Kapolres Tuba, Ketua DPRD Tuba, Ketua Pengadilan Negeri Menggala, Ketua Koni Tuba, dan sejumlah anggota DPRD Tuba berserta didampingi anggota safari lainnya,” jelas Heri Wardoyo.

Sedangkan untuk Tim II, Sambungnya, terdiri dari Wakil Bupati Tuba bersama dengan Sekdakab Tuba, Sobri, dan juga Ketua Pengadilan Agama, Kepala Rutan Tuba, Danlanud Tuba, Dandim 0426 TB, serta sejumlah unsur berikut Anggota DPRD Tuba lainnya. (saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *