Pemkab Tuba Siap Kucurkan 19,5 M Gaji PNSD/CPNS

Pemkab Tuba Siap Kucurkan 19,5 M Bayar PNSD/CPNS

HARIANFOKUS.com– Pemerintah Kabupaten Tulangbawang (Tuba) merencanakan pada bulan ini akan membayar gaji Bulan Juli 2016 sebesar ± Rp.19,5 Milyar yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan 4.723 Orang PNSD/CPNS, yang terdiri dari Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis lainnya yang bertugas dalam wilayah Kabupaten Tuba, Selasa, (14/6).

Adapun informasi terkait gaji ini di umumkan pemerintah Kabupaten Tuba melalui Hubungan Masyarakat (Humas) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat kepadaharianfokus.com, yang membeberkan informasi bahwa mengenai gaji untuk para PNSD/CPNS, seyogyanya akan dibayarkan di awal Bulan Juli yang akan datang yaitu setiap tanggal 1 atau 2 setiap bulannya.

Namun, jika melihat Jadwal Kalender Nasional, pada awal Bulan Juli yang akan datang bertepatan dengan libur cuti Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, sehingga jika Pemkab Tuba membayar pada tanggal 1 Juli 2016, kemungkinan besar gaji tersebut akan sampai dan diterima oleh PNS setelah libur Cuti Nasional. PNS Kabupaten Tuba, terutama tenaga Fungsional Tenaga Pendidik (guru) dan Tenaga Kesehatan (Perawat dan Bidan) mayoritas bekerja dan berdomisili di daerah terpencil di Kecamatan dalam Kabupaten Tuba yang jaraknya jauh untuk mengambil gaji tersebut.

Sedangkan untuk Pembayaran Gaji ke-13 sampai saat ini belum ada Ketentuan Peraturan ataupun Petunjuk Teknis yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat tentang pembayaran yang dimaksud, maka dari itu, apabila mengingat ketentuan Peraturan Pemerintah maupun Peraturan Menteri Keuangan pada tahun-tahun sebelumnya, untuk pembayaran Gaji ke-13 dibayarkan pada Bulan Juli bersamaan dengan memasuki awal Tahun ajaran baru yang digunakan untuk membiayai kebutuhan anak sekolah.

Penghasilan Gaji ke-13 yang diperoleh oleh PNSD/CPND adalah sebesar penghasilan pada bulan Juni 2016, namun tidak mendapatkan Tunjangan Beras sedangkan Gaji Pokok, Tunjangan Keluarga, Tunjangan Jabatan/Tunjangan Umum dan Tunjangan lainnya tetap diterima oleh PNS tersebut.

Lebih Lanjut, Pemerintah Kabupaten Tuba telah mengalokasikan Anggaran untuk pembayaran Gaji ke-13 tersebut sebesar ± 17,6 Milyar yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan 4.723 Orang PNSD/CPNS.

Apabila dalam bulan ini Ketentuan Peraturan dan Juknis tentang Pembayaran gaji ke-13 tersebut belum diterbitkan, Pemerintah Kabupaten Tuba akan mengkaji dan mengupayakan untuk pembayaran Gaji ke-13 akan dibayarkan dalam bulan Juni atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Sementara untuk Pembayaran Gaji Ke-14, sampai saat ini Pemkab Tuba masih menunggu ketentuan dan Petunjuk Teknis yang mengatur hal tersebut dikarenakan Program ini merupakan baru pertama kali terjadi yang rencananya akan direalisasikan dalam Tahun Anggaran 2016 sebagai pengganti atas tidak dinaikkannya GAJI POKOK PNS Tahun 2016. (saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *