4 views

Amankan Mudik, Polres Tuba Buat Pos Pengamanan

HARIANFOKUS.com- Kepolisian Resort (Polres) Tulangbawang  mengaku berencana membangun sebanyak empat pos pengamanan dan pelayanan masyarakat yang didirikan pada lokasi-lokasi stategis. Seperti, pusat keramaian, titik rawan kriminal, maupun objek vital diwilayah hukum Polres setempat, Selasa, (21/6).

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa kenyamanan bagi para pengguna kendaraan yang melintas saat arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah hingga arus balik. Yang nantinya akan difungsikan pada 25 Juni 2016.

Polres Tuba telah mendapatkan tembusan dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) instruksi yang mengharuskan agar dapat mengacu pada keputusan Kakorlantas Polri sebagai berikut, dengan nomor Kep/14/VI/2015 tanggal 16 Juni 2015, tentang rencana kerja Korlantas Polri tahun 2016.

Kemudian juga berdasarkan telegram Kapolri nomor ST/1445/VI/2016 tanggal 13 Juni 2016 tentang giat Ops kepolisian terpusat dengan sandi Ops Ramadniya 2016. Maka dari itu, Polres Tuba akan membangun empat pos yang dinamakan pos Ramadniya 1437 Hijriah, terdiri dari tiga pos pelayanan (posyan) dan satu pos pengamanan (pospam).

Kasat Lantas Polres Tuba AKP Suprapto mengatakan, bahwa Polres Tuba, membangun empat pos Ramadniya (Ramadaniyah), hal itu dalam rangka memberikan pelayanan dan perlindungan kepada pengendara selama arus mudik dan arus balik.

Dibeberkanya, untuk titik pos pengamanan telah di tentukan lokasinya, dan pertama, lokasinya berada di Simpang LP Bawang Latak, Kelurahan Ujung Gunung Ilir, yang merupakan jalur pertemuan antara Jalan Lintas Timur (Jalantim) dan Jalan Lintas Asia Kabupaten Tuba, kedua, diwilayah Penawar, Kampung Agung Dalem, Kecamatan Banjar Margo.

Sedangkan ketiga pos pelayanan akan ditempatkan di kawasan Unit II dan di Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, mengingat jalan ini adalah merupakan di pinggir pasar terbesar di Kabupaten Tuba, sehingga di khawatirkan dapat terjadi kemacetan akibat ramainya arus lalu lintas dan sibuknya aktivitas pasar.

Sementara titik lokasi yang terakhir, berada di Terminal Mulya Asri, di Kabupaten Tubaba, dan pos pengamanan dan pelayanan masyarakat ini, adalah yang pertama kalinya dilakukan, mengingat terminal ini baru saja mulai di oprasikan.

“Pos pengamanan itu nantinya bertugas untuk memantau jalur transportasi dan kemacetan serta tindak kejahatan. dan selain itu pos pelayanan ini juga sekaligus bertugas memberikan pelayanan kesehatan, bengkel dan lainnya, jadi komplit,” terangnya.

Suprapto menambahkan, pembangunan Pos Ramadniya diharapkan dapat bermanfaat dan dimanfaatkan masyarakat yang melintas saat mudik lebaran di jalur-jalur tersebut, dan saat ini Satlantas Polres Tuba sedang dalam proses tahapan pembangunan pos itu.

“Ini instruksi Kakorlantas Polri (Pusat) yang mengharuskan tanggal 13 Juni 2016 kemarin melakukan giat Ops dan selanjutnya tanggal 25 kita sudah harus memulai pengamanan kenyamanan Ramadniya 2016, sehingga dengan hal itu, diharapkan masyarakat yang melintas diwilayah hukum Polres Tuba merasakan kenyamanan dan keamanan dalam melakukan mudik lebaran, begitu juga sebaliknya,” tukasnya. (saidi).

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *