9 views

Kesbangpol Tuba Antisipasi Konflik Pilkada

HARIANFOKUS.com- Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tulangbawang mewanti-wanti konflik atau gesekan yang nantinya dapat terjadi pada Pilkada Tuba tahun mendatang, Februari 2017. Meski tidak termasuk sebagai zona merah ataau rawan, namun antisipasi perlu dilakukan jika berkaca pada panasnya pilkada lalu, ketika salah satu bakal calon digugurkan oleh KPU setempat karena tidak memenuhi syarat pencalonan.

Kesbangpol Tuba, Yendahren mengatakan, untuk meminimalisir konflik maka pihaknya akan mengajak steakholder dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Tuba. Mulai dari tokoh masyarakat, agama, pemuda, hingga mahasiswa.

“Kita berharaap agar pilkada dapat berjalan dengan demokrasi dan damai,” kata dia kepada harianfokus.com.

Diakuinya, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada seluruh elemen terkait agar melebur menjadi satu, supaya dapat menciptakan iklim pemilu yang damai.

“Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Tuba sangat membutuhkan dukungan stakholder lain diluar pihak KPU selaku penyelenggara, dan pengawas yang dilaksankan oleh Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslu), mereka tidak akan mampu jika tidak adanya dukungan dari Pemerintah Daerah itu sendiri, berikut bersama dengan jajaran Kepolisian (Polres) Jajaran TNI (Kodim) dan bahkan Pemerintah Kampung,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, selain dari itu, dukungan dari masyarakat sangat juga penting, karena masyarakat yang di tokohkan, perkataanya akan sangat didengarkan oleh semua orang. Seperti Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh-Tokoh Masyarakat lainnya yan berperan penting di masing-masing wilayahnya.

“Jika semua sudah bersama satu tujuan menyongsong suksesnya, kondusibnya Pilkada Tuba dengan cara mampu memberikan pemahaman serta meningkatkan kordinasi antara berbagai unsur yang terlibat, maka hampir dipastikan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017 di Kabupaten Tuba akan berjalan dengan tertib, lancar, aman dan demokratis,” tandasnya. (saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *