7 views

Pelamar PPK di Tuba Tembus 192 Pelamar

HARIANFOKUS.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulangbawang pertanggal 21 Juni 2016 lalu telah membuka seleksi rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Tuba untuk Pilkada mendatang. Sejak dibuka pendaftaran PPK tersebut tercatat 192 pelamar, yakni dihari pertama 121 orang, dan hari kedua 71 orang.

Ketua KPU Tuba, Reka Punnata mengatakan, bahwa pihaknya bersyukur dan mengapresiasi atas banyaknya pelamar PPK. Ini bukti bahwa masyarakat di Tuba sudah peduli demokrasi.

Dijelaskannya, bagi masyarakat yang ingin berniat menjadi penyelenggara pemilu ditingkat kecamatan itu dapat mengambil formulir pendaftaran PPK mulai tanggal 21 lalu sampai 23 Juni 2016 (red – hari ini), yang berada di Kantor KPU Tuba, Jalan Lintas Timur, Lingkungan Ujung Gunung Ilir, Kecamatan Menggala.

“Sementara untuk jadwal penyerahan persyaratan dan formulir calon PPK, batas akhirnya sampai tanggal 25 Juni 2016 ini. Setelah itu, barulah selanjutnya sembari rekrutmen yang sudah lengkap peryaratanya maka akan langsung dilakukan penelitian berkas calon peserta dari tanggal 22 Juni kemarin, dan untuk pengumuman hasil penelitian berkas, akan diagendakan pada tanggal 27 juni. 2016,” terangnya.

Sedangkan setelah penelitian berkas, akan dilakukan seleksi tertulis kepada calon PPK, dan hasilnya direncanakan diumumkan pada tanggal 1 Juli 2016.

“Para calon-calon PPK dari 15 Kecamatan Se-Tuba ini juga akan dilakukan tes seleksi wawancara yang akan dilakukan pada tanggal 2 sampai tanggal 3 Juli, hasil seleksi tes wawancara tersebut akan diumumkan pada tanggal 7 Juli 2016,” ujarnya.

Dilanjutkan pria yang menjabat sebagai Ketua KNPI Tuba ini, KPU Tuba memiliki rencana bahwa akan membuka diskusi atau mendengarkan tanggapan masyarakat terkait rekrutmen calon PPK yang telah diumumkan lolos mulai tanggal 9 sampai 11 Juli.

“Khusus pada tahapan rekrutmen PPK, peran serta masyarakat untuk turut serta dalam mengawasi para calon PPK sangat dibutuhkan, semua itu agar nantinya PPK di Tuba merupakan PPK yang bersih dan independent, satu hati dan mengemban misi dari masyarakat, dengan kata lain komitmen tingkat tinggi,” ucapnya.

Setelah semua tahapan selesai, maka anggota PPK yang terpilih akan dilakukan pelantikan, yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 12 Juli 2016. (saidi).

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *