Herman HN Sebut SMKN 9 tak Memenuhi Syarat Mendikbud

HARIANFOKUS.com- Walikota Bandarlampung, Herman HN menyampaikan bahwa penutupan SMKN 9 Bandarlampung sudah sesuai prosedur. Bahkan, Walikota Bandarlampung dua periode ini menyebut SMKN 9 tidak memenuhi sarana sekolah sesuai persyaratan dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Herman HN menyarankan agar penutupan SMKN 9 tidak terlalu dibesar-besarkan dan tidak disangkut pautkan keranah politik. Sebab, SMKN 9 Bandarlampung merupakan aset milik Pemkot.

“Jadi jangan diadu saya dengan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo. Tidak perlu ngeributin sekolah yang belum ada muridnya,” kata Herman HN, Selasa (19/7).

Sementara, anggota DPRD Lampung, Asih Fatwanita mengecam Pemkot Bandarlampung yang telah melakukan penutupan SMKN 9 secara sepihak. Politisi NasDem ini menyarakan agar kedua belah pihak dalam hal ini pemkot dan pemprov untuk duduk bareng menyelesaikan persoalan tersebut.

“Jangan sampai anak-anak murid kita terhalang untuk menimba ilmu,” ujarnya.

Berdasar UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, tanggung jawab pengelolaan SMA dan SMK/sederajat berada di pihak pemerintah provinsi. Sedangkan SD dan SMP di pemerintah kota/kabupaten.

SMKN 9 Bandarlampung sendiri akan diubah menjadi SMPN 32 Bandarlampung. (*/win)

 

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *